Presiden Joko Widodo saat berada di depan Gerbang Tol Taba Penanjung, Bengkulu..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Miko

Presiden Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Taba Penanjung Bengkulu: Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Mobilitas

Kamis, 20 Juli 2023 - 13:23 WIB

Bengkulu, tvOnenews.comPresiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 16,7 kilometer di Bengkulu pada Kamis (20/7/2023). Proyek Strategis Nasional (PSN) ini menjadi tonggak bersejarah bagi mobilitas logistik dan orang serta pertumbuhan ekonomi baru di Bumi Rafflesia.

Dalam upacara peresmian, Presiden Jokowi memukul alat musik Bengkulu "Raja Dol" sebagai tanda dimulainya operasional Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung. Selanjutnya, beliau menandatangani prasasti bersama dengan beberapa pejabat tinggi, termasuk Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa jalan tol ini akan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi, mobilitas orang, serta distribusi barang di wilayah tersebut. Dengan anggaran mencapai Rp4,8 triliun, pembangunan Jalan Tol Ruas Bengkulu – Taba Penanjung merupakan bagian dari ruas Bengkulu ke Lubuk Linggau.

Proyek ini adalah wujud dukungan pemerintah dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatra. Melalui akses jalur darat yang semakin mudah dan terjangkau, diharapkan perekonomian daerah akan semakin berkembang dan masyarakat menjadi lebih sejahtera.

Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung menjadi bagian penting dalam feeder jaringan JTTS sepanjang ±98 km yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama, Bengkulu – Taba Penanjung, dengan total panjang 16,7 km telah beroperasi sejak akhir tahun 2022. Sedangkan tahap kedua, Lubuk Linggau – Taba Penanjung (80 km), termasuk dalam tahap IV pembangunan JTTS sesuai Perpres No. 131 Tahun 2022.

(rgo/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral