Mobil tangki Pertamina pengangkut LPG di Medan..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Fahmi

Pertamina Realisasi Elpiji 3 Kg Capai 233.851 MT di Sumatera Utara hingga Juni 2023

Kamis, 20 Juli 2023 - 13:30 WIB

Medan, tvOnenews.com - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara berhasil mencapai realisasi distribusi Elpiji 3 kg sebesar 233.851 metrik ton (MT) hingga akhir Juni 2023.

Berdasarkan keterangan dari Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, stok dan distribusi LPG 3 kg saat ini dalam kondisi aman di seluruh wilayah Sumatera Utara. Peningkatan pelayanan dan pendistribusian energi, termasuk BBM dan LPG, telah dilakukan berdasarkan kebutuhan di setiap kabupaten/kota.

Penyaluran LPG 3 kg mencapai 53,4 persen dari kuota yang telah ditetapkan, melebihi 3,4 persen dari target penyaluran. Satria menyatakan, "Kebutuhan LPG untuk wilayah Sumatera Utara dipenuhi melalui Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE). Saat ini, distribusi dan stok LPG berada dalam kondisi aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Meskipun terjadi peningkatan konsumsi di beberapa wilayah sebelumnya, namun saat ini konsumsi masyarakat sudah normal dan proses pendistribusian berjalan secara optimal."

Dalam periode perayaan Idul Adha sebelumnya, terjadi peningkatan permintaan LPG 3 kg di beberapa daerah. Namun, peningkatan ini hanya berlangsung selama satu minggu saja. "Kebutuhan elpiji meningkat selama perayaan Idul Adha, terutama di beberapa daerah tertentu. Namun, itu hanya berlangsung selama satu minggu dan kebutuhan LPG saat ini berjalan lancar," tambahnya.

Satria juga menegaskan bahwa penggunaan LPG 3 kg untuk beberapa jenis usaha telah dilarang sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Migas No. B-2461/MG.05/DJM/2022. Beberapa jenis usaha yang dilarang menggunakan LPG 3 kg termasuk hotel, restoran, usaha penatu, peternakan, tani tembakau, batik, usaha jasa las, dan lain-lain.

"LPG bersubsidi 3 kg adalah upaya pemerataan akses energi bagi masyarakat, oleh karena itu, penggunaannya harus tepat sasaran. Peran aktif dari masyarakat, pemerintah, dan stakeholder lainnya sangat penting dalam mengawasi distribusi LPG 3 kg ini," tegas Satria.

(zul/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral