Salah satu ruangan di Sekolah Dasar Negeri 3 Margakaya, Kabupaten Pringsewu, Lampung..
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Miris! SD Negeri di Pringsewu Lampung Hanya Memiliki 5 Orang Murid, Terancam Ditutup Permanen

Jumat, 21 Juli 2023 - 12:22 WIB

Pringsewu, tvOnenews.com - Dua tahun tidak mendapatkan murid baru, Sekolah Dasar Negeri 3 Margakaya, Kabupaten Pringsewu, Lampung akan ditutup permanen.

Berdasarkan pantauan di lokasi, gedung sekolah dasar tersebut terlihat dibangun di tengah-tengah pusat desa. Namun, kondisinya pun sangat memprihatinkan. Satu blok gedung kelas tampak sudah tidak terawat lagi. Begitu juga bangunan gedung yang lainnya.

Nuheri, Kepala Sekolah SDN 3 Margakaya kepada tvOnenews.com, mengatakan bahwa dari awal dirinya menjabat sebagai Kepala sekolah, muridnya dalam kondisi sudah sedikit dan sepi. "Saya telusuri kenapa seperti ini. Kebanyakan mereka ingin yang lebih dekat dan juga lebih sekolah itu ramai anak pengaruhnya seperti itu,” kata Nuheri, Jumat (21/7/2023).

Pihaknya pun sudah memberikan beberapa masukan dan program kepada masyarakat demi menarik minat para orang tua agar memasukkan anaknya ke SD tersebut. "Berbagai macam ekstra diberikan, program unggulan. Kita memberikan beberapa macam program unggulan tapi tidak mengena juga," jelasnya.

Menurutnya, di tahun 2022 jumlah muridnya hanya 10 orang, dikurangi dengan 5 murid yang telah lulus, sehingga kini tersisa 5 murid pada tahun ini. “PPDB tahun ini 2023 kita tidak dapat murid sama sekali," ungkapnya.

"Jumlah gurunya ada enam. Tapi, muridnya tidak ada. Padahal, memberikan masukan kepada wali murid ataupun masyarakat ini justru lebih sangat efektif kalau di sekolah di sini karena ditangani dengan guru-guru yang sudah PNS," tandasnya. (puj/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:10
05:38
05:41
08:35
02:22
22:31
Viral