Danau Sicike - Cike Kabupaten Dairi Sumatera Utara.
Sumber :
  • Tim tvOne / martin

Pesona Tersembunyi Danau Sicikecike di Kabupaten Dairi Menyuguhkan Keindahan Alam yang Indah dan Cerita Legenda Menarik yang Harus Diketahui Wisatawan

Minggu, 23 Juli 2023 - 08:55 WIB

Dairi, tvOnenews.com - Taman Wisata Alam (TWA) Danau Sicikecike yang berada di Desa Lae Hole, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara tak hanya menyuguhkan pesona keindahan alam yang indah saja. Namun dibalik itu ada cerita legenda menarik yang harus diketahui wisatawan saat berkunjung kesini.

 

Menurut cerita legenda masyarkat yang disampaikan secara turun temurun, dulunya Danau Sicikecike itu merupakan sebuah perkampungan/kuta. Sicikecike terdiri dari 5-7 rumah sesuai kebiasaan dikampung Pakpak, yaitu 'Uga satu bale' yang dibangun menurut arsitektur Pakpak dengan beratap ijuk aren disertai tiang kayu bundar dan besar.. 

 

Kuta Sicikecike ini dipimpin oleh seorang Raja bernama 'Naga Jambe' yang memiliki 2 orang istri, yakni berru Saraan dan berru Padang. Dari berru Saraan memperoleh 3 orang anak bernama Raja ujung Raja Angkat dan Raja Bintang.

 

Sedangkan dari berru Padang Raja Naga Jambe memperoleh 4 orang anak, bernama Raja Capah, Raja Kudadiri, Raja Gajah Manik dan Raja Sinamo. Seisi kampung hidup rukun dan damai serta berkecukupan sandang dan pangan, karena tanah sekitanya luas dan subur, sehingga menghasilkan panen yang melimpah.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
03:01
00:52
01:49
01:18
Viral