Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan puncak fenomena El Nino akan terjadi pada bulan Agustus hingga Oktober 2023.
Sumber :
  • Tim TvOne/Pujiansyah

Peluang El Nino pada Agustus Diprediksi Meningkat Jadi Moderat

Kamis, 27 Juli 2023 - 13:42 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi peluang El Nino pada Agustus mengalami penguatan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Harianto menjelaskan mulai Agustus hingga Oktober 2023 mendatang, peluang El Nino masuk dalam kategori moderat.

"Naik dari kondisi El Nino pada bulan Juli yang masih dalam kategori lemah," kata Rudi Harianto, Kamis (27/7/2023).

BMKG menjelaskan, kondisi El Nino dengan kategori moderat membuat curah hujan jauh berkurang, termasuk di Lampung.

Dalam mengantisipasi hal tersebut, masyarakat dapat melakukan aktivitas hemat air.

"Kondisi itu berpotensi menimbulkan kekeringan," jelasnya.

Dia menuturkan, jika kondisinya semakin kering, dampak lanjutnya adalah lahan dan hutan menjadi mudah terbakar.

"Itu yang kemudian harus diantisipasi, dicegah, jangan mudah membuang puntung rokok atau menyulut di lahan atau di hutan," tutur dia.

Sementara untuk sejumlah stakeholder, BMKG mengimbau agar adanya panduan untuk perencanaan dan kegiatan pembangunan pada sektor yang terkait atau terdampak oleh fenomena El Nino tersebut.

"Kami menghimbau masyarakat untuk terus menjaga lingkungan, mengatur tata kelola air dengan bijak dan beradaptasi dengan pola tanah yang ada. Selain itu, memantau perkembangan informasi cuaca dan iklim yang terus berubah dari waktu ke waktu sangatlah penting dan dapat diakses melalui BMKG," tandasnya. (puj/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral