Ribuan masyarakat datangi Tabut Besanding di Kota Bengkulu..
Sumber :
  • Antara

Ribuan Warga Bengkulu Ramaikan Festival Tabut Besanding

Kamis, 27 Juli 2023 - 22:54 WIB

Kota Bengkulu, tvOnenews.com - Ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Bengkulu meramaikan malam Tabut Besanding sekaligus penutupan Festival Tabut 2023 di Kota Bengkulu, Kamis (27/7/2023).

Festival Tabut terdiri dari beberapa rangkaian ritual yang harus dilakukan oleh anggota keluarga kerukunan Tabut (KKT) Bengkulu, seperti ritual ambik tanah, duduk penja (mencuci jari-jari).

Kemudian meradai (mengumpulkan dana), malam menjara (mendatangi), arak jari-jari, arak soroban, tabut naik puncak, arak gedang atau tabut besanding dan terakhir yaitu tabut tebuang yang akan digelar esok harinya.

Sebelumnya akibat pandemi COVID-19 pada 2019, Festival Tabut di Bengkulu digelar secara sederhana tanpa adanya kegiatan festival ataupun pasar malam.

"Bersama keluarga besar dari Kabupaten Rejang Lebong, saya dan keluarga ingin menyaksikan Tabut Besanding karena telah sekian lama Festival Tabut ditiadakan," kata salah seorang pengunjung, Dwi.

Ia menyebutkan, pada Tabut Besanding, dirinya dan keluarga dapat menyaksikan dan melihat langsung berbagai jenis bangunan Tabut yang ada di Bengkulu.

Hal senada juga disampaikan oleh Khairunnisa, yang datang ke Festival Tabut di malam terakhir karena ingin menyaksikan langsung berbagai macam bangunan Tabut yang dibuat oleh masyarakat dan Keluarga Kerukunan Tabut (KKT) Bengkulu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:43
05:47
03:09
02:04
02:28
04:12
Viral