Kebakaran lahan di Desa Suak Raya, Aceh Barat dari udara..
Sumber :
  • Tim tvOne/Chaidir Azhar

Sudah 14 Hektare Lebih Lahan Gambut Hangus Terbakar di Aceh Barat, Kabut Asap Ganggu Pengguna Jalan

Sabtu, 29 Juli 2023 - 10:46 WIB

Aceh Barat, tvOnenews.com - Seluas 14 hektare lebih lahan gambut di Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat hangus terbakar. Abdullah, Kepala Desa Suak Raya, mengatakan kebakaran lahan gambut di desa mereka telah terjadi dalam dua hari terakhir.

"Kebakaran ini sudah dua hari, dari amatan kami ada 14 hektare lebih lahan gambut yang terbakar," kata Abdullah, Sabtu (29/7/2023).

Lanjutnya, cuaca terik dan hembusan angin membuat api semakin sulit untuk dipadamkan sehingga api semakin dekat ke pemukiman warga. "Api sulit dipadamkan, selain cuaca sangat terik juga hembusan angin membuat api semakin meluas, bahkan mulai mendekati pemukiman warga," sebutnya.

Abdullah juga menambahkan, kebakaran lahan gambut tersebut juga telah mengganggu para pengguna jalan di jalur lintas Provinsi Meulaboh - Banda Aceh karena telah menimbulkan asap tebal, sehingga mengganggu jarak pandang pengendara.

"Kalau tidak segara dipadamkan akan menimbulkan dampak yang lebih besar, saat ini saja akibat kebakaran lahan tersebut telah menimbulkan kabut asap sehingga mengganggu jarak pandang pengendara," ucapnya.

Menurut Abdullah, upaya pemadaman terus dilakukan oleh petugas gabungan dengan dibantu warga, namun karena sumber air yang terbatas serta akses jalan yang sulit membuat api belum bisa dipadamkan.

"Api sulit dipadamkan karena selain sumber air yang terbatas, akses untuk menuju titik api juga sangat sulit untuk dijangkau," pungkasnya. (kha/wna)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral