Sekretaris Ditjen Bimas Kristen John Tilaar dan Rektor IAKN Tarutung, Prof Dr Albiner Siagian bersama Tokoh Agama dan Pemerintahan Daerah saat memukul Gondang Batak.
Sumber :
  • Tim TvOne/Syaren Situmorang

Desa Moderasi Beragama di Taput Diresmikan, Merajut Keharmonisan Antar Pemeluk Agama yang Berbeda

Jumat, 4 Agustus 2023 - 16:17 WIB

Taput, tvOnenews.com - Desa Moderasi Beragama diresmikan di Komplek Masjid Tarutung, Kelurahan Hutatoruan VII, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Kamis (3/8/2023).

Peresmian ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Batak oleh Sekretaris Ditjen Bimas Kristen, John Tilaar bersama Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, serta para tokoh agama islam dan kristen yang disaksikan oleh ratusan masyarakat.

Ini merupakan salah satu program Kementerian Agama Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh IAKN Tarutung.

"Bahwa suasana sekarang yang kurang harmonis di antara antar pemeluk agama yang berbeda kan sudah mulai terasa kurang, kurang harmonis. Perilaku perilaku yang intoleran mulai ditebang. Jadi untuk mengimbangi dan meredam ini maka diluncurkan program desa moderasi beragama," kata Prof Albiner Siagian.

Rektor IAKN Tarutung, Prof Dr Albiner Siagian mengatakan peresmian Desa Moderasi Beragama ini bertujuan untuk merajut kembali keharmonisan antar pemeluk agama yang berbeda di Indonesia, secara khusus di wilayah Kabupaten Taput.

"Rakyat kan tinggal di rumpun bawah ini, jadi kalau ini bisa dihimpun apa yang disebut masyarakat yang tinggal di desa moderasi ini, harapannya terjadi lagi hubungan hubungan dulu saling menghargai, yang faktanya memang berbeda. Tapi kenyataan kita hidup berdampingan. Sehingga nanti bisa duduk berdampingan dengan baik," kata Albiner.

Albiner mengatakan, ini adalah yang pertama kali dilaksanakan oleh IAKN Tarutung deklarasi Desa Moderasi Beragama di Kabupaten Tapanuli Utara.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral