Terdakwa Tosa Ginting saat berada dipersidangan perkara pembunuhan Paino..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Taufik

Persidangan Pembunuhan Mantan Anggota DPRD Langkat: Pengakuan Terdakwa dan Konfrontasi Saksi

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 07:55 WIB

Langkat, tvOnenews.com - Persidangan kasus pembunuhan Paino, mantan anggota DPRD Kabupaten Langkat, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Stabat. Agenda sidang kali ini mencakup mendengarkan keterangan terdakwa dan konfrontasi antara terdakwa, Jumat (11/8/2023).

Dalam hadapan majelis hakim yang dipimpin oleh Ketua Hakim Ladys Meriana Bakara, terdakwa Luhur Sentosa Ginting, yang juga dikenal sebagai Tosa, mengakui bahwa ia sering berada di Bukit Nenengan. Ia mengaku melakukan ini sebelum melakukan aktivitasnya, seperti mengawasi kebun sawit milik orang tuanya.

Tosa juga mengakui bahwa ia memberi perintah kepada Dedy Bangun untuk memberikan pelajaran kepada korban Paino. Hal ini disebabkan oleh rasa kesal Tosa terhadap sikap Paino yang sering menerima atau membeli hasil curian dari kebun sawit Tosa.

Namun, perintah tersebut sebenarnya ditujukan kepada terdakwa Dedy Bangun, dan saat itu terjadi secara spontan. Dedy mengajak terdakwa Tato untuk mengejar Paino ketika mereka berada di gudang lama milik orang tua Tosa.

Tosa bermaksud memberikan pelajaran kepada Paino agar Paino tidak lagi menerima hasil curian dari kebun sawit milik orang tuanya. Ia juga mengaku telah memerintahkan Persadanta Sembiring, yang dikenal sebagai Sahdan, untuk mengawasi gerak-gerik Paino dari warung Amiran hingga tempat kejadian perkara.

"Saya sering berada di Bukit Nenengan untuk mengawasi kebun sawit orang tua saya. Saya memerintahkan Dedy untuk memberi pelajaran kepada Paino karena dia sering menerima hasil curian dari kebun orang tua saya," ungkap Tosa dalam sidang.

Ketika mereka berada di bekas gudang sawit, Tosa memberitahukan kepada Dedy bahwa Paino akan segera lewat. Setelah Paino melintas, Dedy dan Tato mengejar Paino dengan kereta. Namun, upaya pengejaran gagal karena Paino terlalu cepat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral