Ilustrasi, Dokumentas Hujan..
Sumber :
  • Ahmidal Yauzar

BMKG Ungkap Awal Bulan Agustus Sumut Masuk Musim Penghujan, Warga Diimbau Waspada

Senin, 14 Agustus 2023 - 17:03 WIB

Medan, tvonenews.com - Di awal bulan Agustus 2023 Kota Medan kembali memasuki musim penghujan. Hal ini terjadi lantaran adanya peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Dari Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan kondisi hujan disebabkan konvergensi di wilayah pantai Timur Sumatera Utara (Sumut).

Di mana pertumbuhan awan mengalami cukup kuat khususnya beberapa wilayah di Sumut seperti Kabupaten Langkat, Medan dan Deli Serdang.

“Saat ini Kota Medan sudah memasuki musim penghujan. Diperkirakan kondisi ini masih akan terjadi satu hingga dua hari ke depan. Suhu udara berkisar antara 16-32 derajat di wilayah Sumatera Utara," kata Nora Sinaga, Prakirawan BMKG l Medan saat dikonfirmasi, Senin (14/8/2023).

Dari hasil pemantauan BMKG Wilayah l Medan, penyebab hujan yakni ketidakstabilan udara atas sehingga intensitas hujan semakin bertambah.

"Kondisi udara atas cukup labil atau jenuh yang semakin mendukung intensitas pertumbuhan awan jadi penyebab hujan," terangnya.

BMKG Wilayah I Medan mengimbau agar masyarakat di Sumatera Utara tetap siaga dan waspada terhadap potensi terjadinya  hujan sedang hingga lebat disertai petir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral