Prosesi pengibaran bendera merah putih melibatkan gajah..
Sumber :
  • Tim tvOne/M Arifin

Pengibaran Bendera Merah Putih di Pekanbaru Libatkan Gajah Sumatera

Kamis, 17 Agustus 2023 - 10:38 WIB

Pekanbaru, tvOnenews.com - Tiga ekor Gajah Sumatera (elephas maximus sumatranus) bersama mahout (pawang) dilibatkan dalam upacara pengibaran bendera merah putih untuk memperingati HUT ke-78 RI di lokasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Kamis (17/8/2023) sekitar pukul 08.00 WIB.

Ketiga gajah itu berjalan rapih di belakang pengibar bendera merah putih menuju tiang pengibaran dan peran dari salah satu gajah tersebut adalah menggerek tali tiang bendera merah putih tersebut.

Kepala Bidang Teknis KSDA Riau Hartono mengatakan, tujuan pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh gajah ini merupakan sarana untuk edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat serta untuk memeriahkan ulang tahun RI ke-78.

“Tujuannya adalah sarana edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa gajah yang selama ini dianggap sebagai hama merupakan hewan yang dilindungi,” kata Hartono.

Pengibaran bendera merah putih yang dibantu oleh satu gajah jantan bernama Bankin dan 2 gajah betina bernama Indah dan Vera yang berusia 30-35 tahun beserta mahoutnya merupakan yang pertama kali di Riau.

“Benar, yang pertama di Riau, makanya kami dalam rangka HUT RI yang ke-78 ingin melibatkan satwa yang ikut berperan serta dalam pengibaran bendera,” sambung Hartono.

Persipan yang dilakukan mahout dan ketiga gajah ini hanya membutuhkan waktu setengah hari saja untuk menarik tali bendera merah putih ini. (man/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral