Kempang Mie, jajanan unik Pagaralam..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Kiki

Nikmatnya Kemplang Mie, Jajanan Unik Asli Pagaralam

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 13:39 WIB

Pagaralam, tvOnenews.com - Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, dikenal sebagai tempat indahnya Gunung Dempo dan keindahan alamnya. Namun, tidak hanya itu, Pagaralam juga memiliki keunikan dalam jajaran kuliner, salah satunya adalah Kemplang Mie.

Seperti yang diungkapkan oleh Herlina, seorang pedagang dadakan, ketika berlangsungnya Pawai Pembangunan dalam rangka peringatan HUT RI yang ke-78, ia menjelaskan bahwa ia hanya berjualan saat perayaan kemerdekaan. "Salah satu produk jualan yang selalu diminati adalah Kemplang Mie, makanan khas Pagaralam sejak zaman dulu," tuturnya pada Sabtu (19/08/2023).

Herlina menjelaskan bahwa proses pembuatan Kemplang Mie ini cukup sederhana. "Bahan utamanya terdiri dari bihun yang dicampur dengan wortel, kol, bawang putih, bawang merah, merica, garam, dan berbagai bumbu penyedap," ungkapnya.

Sebelum digunakan, bihun direndam dalam air dingin selama 10 hingga 15 menit. "Sementara bihun direndam, bumbu-bumbu lainnya seperti bawang, digiling atau ditumbuk dan kemudian ditumis," tambahnya.

Proses berlanjut dengan penyajian sambal yang lezat. Kemplang dan tumisan bihun kemudian diatur dengan apik, di mana bihun diletakkan di atas Kemplang. "Kini, Kemplang Mie siap disantap," ucapnya dengan senyum.

Penggemar kuliner, Febi Fereza, tak sungkan berbagi pendapatnya. "Saya sudah menyukai jajanan khas Kota Pagaralam ini sejak SD dan bahkan hingga saat ini, tetap menjadi favorit saya," ungkapnya penuh sukacita.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
Viral