Tim SAR mengevakuasi empat kru kapal..
Sumber :
  • Tim tvOne/Kurnia

Tim SAR Tanjungpinang Berhasil Evakuasi 4 Kru Kapal Mati Mesin Terbawa Arus hingga ke Malaysia

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 16:20 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tanjungpinang berhasil melakukan operasi evakuasi terhadap empat orang kru kapal KM Jaya Makmur 88. Kapal tersebut mengalami mati mesin saat dalam perjalanan dari Tanjungpinang menuju Kabupaten Anambas pada Minggu (13/8/2023) lalu dan menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir.

Kapal yang membawa muatan sembako tersebut tiba-tiba mengalami mati mesin di perairan Pulau Mapur, Kabupaten Bintan. Kondisi ini membuat kapal tidak dapat bergerak dan terbawa arus hingga sampai ke Johor Bahru, Malaysia.

Kepala Basarnas (Badan SAR Nasional) Tanjungpinang, Slamet Riyadi, menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan kecelakaan dari agen KM Jaya Makmur 88. "Kita mendapatkan laporan bahwa kargo muatan sembako tujuan Tanjungpinang ke Anambas mengalami mati mesin di Perairan Pulau Mapur," ujar Slamet Riyadi pada Sabtu (19/8/2023).

Tidak lama setelah menerima laporan tersebut, Tim SAR Tanjungpinang menerima informasi dari MRCCC (Malaysian Maritime Rescue Coordination Center) Johor Bahru Malaysia dan APMM (Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia) bahwa korban telah ditemukan.

Setelah dievakuasi, empat orang kru kapal tersebut dibawa ke kantor APMM setempat dengan kondisi yang selamat dan stabil. Para kru akan mendapatkan perawatan lanjutan dan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan tidak ada dampak berarti akibat insiden tersebut.

"Saat ini semua korban telah dievakuasi dan dibawa ke dermaga Sekupang. Maka operasi SAR dinyatakan selesai dan diusulkan untuk ditutup," tambah Slamet Riyadi. (ksh/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral