Kembuhung Makanan Khas Suku Semende, Oku Selatan, Sumsel.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Andi Salani

Kembuhung, Makanan Hasil Fermentasi Khas Suku Semende yang Menggoda Selera

Senin, 21 Agustus 2023 - 08:13 WIB

Oku Selatan, tvOnenews.com - Suku Semende atau Semendo yang merupakan Salah Satu Suku asli yang menetap di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan memang banyak memiliki kebudayaan adat istiadat dan tentunya juga memiliki kuliner khas yang tentunya lezat untuk dicoba.

Salah satu Kuliner Khas Suku Semende adalah Kembuhung, yang menjadi makanan favorit masyarakat setempat, Kembuhung merupakan salah satu produk olahan fermentasi yang telah diwariskan oleh nenek moyang Suku Semende dari generasi ke generasi. Makanan tradisional masyarakat Suku Semende ini terbuat dari nasi dan ikan yang difermentasi secara tradisional.

Cara membuatnya pun terbilang mudah, hanya membutuhkan ikan sungai yang sudah di bersihkan dan campur dengan nasi dingin, lalu diaduk dengan di campur dengan garam secukupnya.lalu adonan tadi di masukkan dalam stoples kedap udara dan diamkan selama sepekan.

Setelah dilakukan fermentasi selama sepekan adonan tadi tinggal di masak di olah menjadi Kuliner Kembuhung.selanjutnya kita membutuhkan bahan bahan untuk bumbu  seperti Bawang Bombai, Sereh yang di geprek, cabai hijau yang di potong kecil kecil dan terakhir campurkan dengan garam secukupnya.

Semua bumbu kemudian ditumis dengan api kecil. Setelah semua bumbu ditumis, masukkan kembuhung tadi. Tahan hidung dari mencium aroma khas dan menyengat ya. Aduklah secara merata. Tunggu beberapa menit, kembuhung tadi sudah siap di sajikan.

Budi, salah satu warga desa pematang danau Oku Selatan mengatakan, masakan khas suku Semende Kembuhung ini menjadi makanan favorit dia dan keluarga, apalagi jika di makan dengan nasi hangat sangat memanjakan lidah.

"Bagi yang belum terbiasa dengan aromanya memang sedikit kurang sedap, namun untuk rasa masakan ini sangat memanjakan lidah dan membuat selera makan bertambah," kata Budi saat berbincang dengan tvOnenews.com Minggu (20/8/2023).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral