Warga Ramai Ikuti Kegiatan Bekarang di Kabupaten Pali.
Sumber :
  • Tim TvOne/Boris

Bekarang Ikan, Kegiatan Khas HUT RI di Kabupaten Pali

Selasa, 22 Agustus 2023 - 16:30 WIB

Pali, tvOnenews.com - Masih dalam suasana Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78, Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan, menggelar acara lomba menangkap Ikan (Bekarang). 

Lomba bekarang, tersebut diselenggarakan di salah satu kolam milik warga, di Dusun I, Desa Harapan Jaya, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Pali, Pada Selasa (22/08/2023).

Kegiatan tersebut mendapat sambutan yang cukup meriah dari masyarakat sekitar. Terlihat banyaknya masyarakat yang mengikuti lomba bekarang dan ramainya masyarakat yang datang untuk menyaksikan kegiatan tersebut.

Suhardi, warga Desa Harapan Jaya, menyampaikan lomba menangkap ikan ini sangatlah menghibur dan jarang ada, sehingga sayang untuk melewatkannya. Selain itu, Ia juga dapat membawa ikan dari hasil lomba kerumahnya dan kemudian dimasak untuk dimakan.

"Hari ini kami sengaja datang untuk mengikuti lomba bekarang. Kami mendapatkan 1 ikan nila dan 5 ikan patin, nanti setiba dirumah akan kami masak untuk lauk. Pada saat didalam kolam tadi sangat seru, orang lainnya banyak yang ketawa-tawa sambil menangkap ikan." ujarnya.

Hal yang sama dikatakan, Pardin warga Desa Raja, menurutnya dengan digelarnya kegiatan seperti ini dapat mempertahankan tradisi atau adat istiadat tempo dulu. Untuk itu Ia berharap dengan kegiatan bekarang, dapat bersama-sama dalam menjaga lingkungan dan tidak merusak alam, seperti mencari ikan dengan menggunakan alat peledak, setrum dan zat-zat kimia lainya.

"Ikan yang kita berhasil dapatkan sebanyak 8 ekor ikan, dan mau dibawa pulang kerumah untuk dimasak pindang ataupun sagarurung. Seru sekali yaa, karena tadi kita menangkap ikan dengan menggunakan alat seadanya, tapi puas dengan hasil yang didapat. Harapannya kepada kita semua supaya tidak menangkap ikan dengan cara yang salah dan merusak alam", katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral