Wisata Pantai Bongen Muba.
Sumber :
  • Tim TvOne/Puja Kusuma

Sungai Musi Kering Dampak El Nino, Ribuan Warga Serbu Wisata Pantai Bongen

Rabu, 23 Agustus 2023 - 14:54 WIB

Musi Banyuasin, tvOnenews.com - Kemarau panjang dampak dari El Nino membuat Sungai Musi di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, kering hingga muncul hamparan pasir putih menyerupai pulau. Penampakan yang tejadi setiap satu tahun sekali ini, membuat warga di wilayah Musi Banyuasin, khususnya di kota Sekayu menyerbu pantai pasir sungai musi, atau yang disebut dengan nama Pantai Bongen

Di Pantai Bongen yang artinya pantai pasir ini, setiap harinya terutama di waktu menjelang senja warga berkumpul menikmati keindahan pantai Bongen sungai musi yang jarang di jumpai.

Kawasan ini berada di pusat kota Sekayu, tepatnya di kawasan water from di belakang hotel Ranggonang. Padahal Sungai musi yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera Selatan ini berarus deras dan mempunyai kedalaman hingga 50 meter, namun saat ini kering dan surut.

"Pantai bongen ini setahun sekali pak, dan tahun ini 2023 sungai musi surut banget hingga pasir timbul, kami bersama keluarga dari Palembang, terpaksa datang untuk menikmati wisata tahunan di pantai bongen ini", pungkas Anindia warga Palembang.

Sementara Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi Mahmud mengatakan, Pantai Bongen ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Musi Banyuasin dan hanya ada satu kali dalam satu tahun.

"Wisata pantai bongen ini menjadi kebanggaan masyarakat Musi Banyuasin (MUBA) warga setiap hari ramai menikmati destinasi wisata yang indah. Wisata bongen atau pasir putih yang timbul disaat sungai musi surut, banyak wisatawan lokal maupun dari luar Kabupaten Musi Banyuasin yang datang menikmati wisata tahunan ini", pungkas Apriyadi, Rabu (23/8/2023).(pka/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral