Ratusan warga Desa Hutaraja berdemo di depan Kantor Bupati Paluta tuntut copot Kades Hutaraja..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Irvan

Ratusan Warga Desa Huta Raja Demo di Kantor Bupati Paluta, Menuntut Pecat Kepala Desa

Jumat, 25 Agustus 2023 - 06:55 WIB

Padang Lawas Utara, tvOnenews.com - Ratusan warga dari Desa Huta Raja, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), menggelar aksi demonstrasi di kantor bupati pada Kamis, (24/8/2023). Dalam aksi ini, mereka membawa poster dan spanduk sebagai bentuk protes terhadap kepala desa mereka.

Dalam orasinya di depan kantor bupati, massa demonstran meminta tindakan tegas dari Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap, terkait dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Kepala Desa Hutaraja, Komaruddin Harahap. Mereka mengklaim bahwa Komaruddin Harahap telah melakukan pemecatan dan pengangkatan perangkat desa tanpa mengikuti prosedur yang diatur dalam undang-undang.

Situasi sempat memanas ketika massa berusaha masuk ke dalam kantor bupati yang dijaga ketat oleh petugas Satpol PP. Namun, situasi berhasil dikendalikan setelah Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara turun tangan dan bertemu dengan perwakilan dari Desa Hutaraja.

Sarifuddin Harahap, Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara, dalam pertemuan tersebut menyatakan bahwa pihaknya akan mengkaji dengan seksama laporan dari masyarakat Desa Huta Raja sebelum mengambil tindakan terhadap kepala desa. "Kami akan menyelidiki laporan yang diajukan oleh masyarakat terkait tindakan Kepala Desa Hutaraja," ujar Sarifuddin Harahap.

Usai aksi di kantor bupati, massa demonstran dari Desa Hutaraja melanjutkan aksinya dengan mendatangi DPRD Padang Lawas Utara untuk menyampaikan aduan yang sama terkait kepala desa mereka.

(irv/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:13
03:54
03:28
02:35
00:56
08:45
Viral