Lokasi pemakaman Almarhum Arist Merdeka Sirait..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Daud

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait Meninggal Dunia dan Rencana Pemakaman di Kampung Leluruh Kabupaten Toba

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 17:34 WIB

Toba, tvOnenews.comArist Merdeka Sirait, Ketua Komisi Perlindungan Anak (Komnas PA), menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Polri Kramatjati Jakarta pada Sabtu (26/8/2023). Sebelum berpulang, Almarhum Arist Merdeka Sirait telah menjalani perawatan dua kali di Rumah Sakit tersebut akibat penyakit yang dihadapinya.

Informasi dari pihak keluarga mengungkapkan bahwa jenazah Almarhum Arist Merdeka Sirait akan dimakamkan di Desa Bius Gu Barat, Kecamatan Parmaksian, pada hari Selasa, (28/8/2023). Prosesi adat dan pemakaman akan diawali dengan penyimpanan jenazah di RSPAD Jalan Gatot, Jakarta Pusat.

Menurut Kristina Situmorang, seorang anggota keluarga, Almarhum Arist Merdeka Sirait dikenal sebagai sosok yang baik dan penuh dedikasi dalam memperjuangkan kasus-kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. "Sepanjang hidupnya, beliau telah gigih mengadvokasi hak-hak anak, terutama dalam kasus pelecehan terhadap anak di bawah umur. Almarhum sangat peduli terhadap nasib anak-anak, dan selalu responsif terhadap isu-isu yang berkaitan dengan mereka," ungkap Kristina Situmorang.

Kristina menambahkan bahwa setelah prosesi adat di Jakarta, jenazah Almarhum akan dikebumikan di samping kuburan almarhum abangnya, Pdt Midian Sirait, yang pernah menjabat sebagai pareses HKBP DKI Jakarta.

Di sisi lain, Fauzi Sirait, anggota DPRD Kabupaten Toba dari fraksi PDIP dan juga kerabat keluarga Almarhum, menyatakan bahwa Almarhum Arist Merdeka Sirait adalah seorang pejuang dalam menangani kekerasan terhadap anak di bawah umur di Indonesia. "Beliau adalah salah satu tokoh Batak Toba yang gigih memerangi kekerasan terhadap anak-anak. Almarhum selalu berjuang untuk menegakkan kasus-kasus kekerasan anak, dan memberikan penghargaan kepada Polres yang berhasil menangani kasus semacam itu. Masyarakat Kabupaten Toba merasa berduka atas kepergian Almarhum," kata Fauzi.

Arist Merdeka Sirait dilahirkan di Bah Butong, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, pada 17 Agustus 1960. Nama tengahnya, "Merdeka," dipilih karena kelahirannya bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus.

Arist Merdeka Sirait adalah penganut agama Kristen Protestan dan menikah dengan Rostymaline Munthe. Pasangan ini diberkahi tiga orang anak: Debora, Christine, dan Namalo.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral