Ratusan Pengungksi Afghanistan Demo di kantor Kanwil Depkumham Riau.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Arif Budiman

Ratusan Pengungsi Afghanistan Demo di kantor Kanwil Kemenkumham Riau, Minta Dideportasi ke Negara Ketiga

Rabu, 30 Agustus 2023 - 09:43 WIB

Pekanbaru, tvOnenews.com - Sekira 200 pengungsi asal Afghanistan mengadakan aksi demontrasi damai di gerbang masuk Kantor Wilayah Kementeriam Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Depkumham Riau), Selasa (29/08/2023).

Sebelum menggelar aksi tersebut, imigran pencari suaka politik ini berjalan kaki dari titik kumpul, Perpustakaan Wilayah Riau, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru sejauh 1 (satu) kilometer (KM) dari lokasi aksi.

Sepanjang jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru itu, para pengungsi yang juga ada ibu ibu yang menggendong anaknya berteriak; ''proses! proses!"

Tidak sampai 45 menit berorasi, Humas Kanwil Depkumham Riau mengundang 7 orang perwakilan, 2 wanita ibu rumah tangga (IRT) untuk berdialog menyampaikan aspirasi mereka.

Sembil menunggu perwakilan mereka berdialog di dalam ruangan kantor Depkumham Riau, salah seorang pengunjukrasa Khodadad Ghullami kepada TvOne menyebutkan, mereka menginginkan pihak UNHCR dan IOM serta pemerintah Indonesia mengirimkan mereka ke Negara Ketiga.

''Kami sudah 10 tahun tinggal dan menetap di Kota Pekanbaru, Indonesia. Kami mohon dikirimkan ke Negara Ketiga, yakni Amerika Serikat, Australia atau Selandia Baru,'' tukasnya. (abn/cai)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral