Universitas Sumatera Utara..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Fahmi

USU Siap Terapkan Aturan Baru Kemendikbud: Lulus Tanpa Skripsi, Mahasiswa Diberi Fleksibilitas dalam Tugas Akhir

Sabtu, 2 September 2023 - 11:13 WIB

Medan, tvonenews.com - Pada tanggal 18 Agustus 2023, Menteri Pendidikan, Riset, Kebudayaan, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim, mengeluarkan aturan baru terkait syarat kelulusan mahasiswa yang terdokumentasikan dalam Permendikbud Ristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Kebijakan pemerintah mengenai syarat kelulusan mahasiswa ini mendapat tanggapan positif dari Universitas Sumatera Utara (USU), yang menyatakan kesiapan untuk mengikuti peraturan baru pemerintah terkait syarat kelulusan mahasiswa pada program sarjana dan sarjana terapan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian Universitas Sumatera Utara, Dr. Edy Ikhsan, menjelaskan bahwa aturan baru ini menghilangkan persyaratan pembuatan skripsi sebagai bagian dari kelulusan, sejalan dengan peluncuran "Merdeka Belajar Episode Ke-26: Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi," yang mengacu pada Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

"USU telah bersiap mengikuti aturan ini sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Kami akan segera menyusun peraturan baru, dan kedepannya kami akan melakukan penyesuaian," ungkap Dr. Edy Ikhsan pada hari Jumat (1/09/2023).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian Universitas Sumatera Utara, Dr. Edy Ikhsan, juga mencatat bahwa peraturan yang dikeluarkan pemerintah memberikan perguruan tinggi pilihan untuk menetapkan mekanisme dan syarat kelulusan. Ini memberikan fleksibilitas kepada mahasiswa untuk memilih tugas akhir mereka.

"Selain skripsi, syarat kelulusan melalui tugas akhir bisa dilakukan melalui berbagai cara, baik secara individu maupun berkelompok, seperti pembuatan prototipe atau proyek lainnya. Keputusan ini akan ada di tangan perguruan tinggi, dan kami akan menyesuaikannya," katanya.

(zul/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral