Kasat Reskrim Polresta Tanjungpinang didampingi Kasi Humas.
Sumber :
  • Tim TvOne/Kurnia

Setelah Video Viral, Polisi Akui Sulit Tangani Perkara Dugaan Malpraktik RSUP RAT Tanjungpinang

Senin, 4 September 2023 - 12:21 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Polresta Tanjungpinang akhirnya angkat bicara, terkait viral nya video ibu korban dugaan malpraktik di Rumah Sakit Umum Provinsi Raja Ahmad Tabib (RSUP RAT), yang meminta keadilan kepada Presiden hingga Kapolri.

Polisipun mengakui, video yang telah viral di media sosial (medsos) ini memang ada kaitannya, dengan perkara yang sedang ditangani dan dalam proses di Satreskrim Polresta Tanjungpinang.

"Kejadian tanggal 5 Mei yang lalu. Kita menerima laporan dugaan malpraktik ini 13 Mei. Sejak itu kita membentuk tim khsus untuk melakukan penyelidikan, sampai saat ini," ujar Kasatreskrim Polresta Tanjungpinang, AKP Mohamad Darma Ardiyaniki, Senin (4/9/2023).

Darma menerangkan, kasus dugaan malapraktik ini merupakan perkara katagori sangat sulit. Jadi, penyidik memerlukan waktu relatif yang panjang dalam proses penyelidikan kasus tersebut.

Dalam penyelidikan, penyidik harus menganalisis berkas rekam medis persalinan Winda (orang tua korban) yang sangat tebal, dan cukup memakan waktu yang lama. Sehingga, hal ini merupakan alasan dan penyebab penyelidikan berjalan lama.

"Rekam medisnya hampir 100 halaman dan harus dianalisa dengan jeli, untuk menemukan apakah dalam proses persalinan itu apakah ada prosedur yang tidak dilaksanakan. Sehingga mengakibatkan luka berat terhadap bayi," ungkapnya.

Sejak melakukan penyelidikan pada 14 Mei yang lalu, Darma mengakui bahwa pihaknya telah memeriksa 15 orang saksi. Belasan orang ini ialah korban atau terlapor, tenaga kesehatan (nakes) yang menangani persalinan, hingga dokter di RSUP RAT yang terkait.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral