Kapolres Tapteng AKBP Basa Emden Banjarnahor memeriksa kesiapan Operasi Zebra Toba 2023..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Syaren

Operasi Zebra Toba 2023 di Tapteng Dimulai, Ini Sasaran dan Tujuannya

Senin, 4 September 2023 - 16:10 WIB

Tapteng, tvOnenews.com - Operasi Zebra Toba 2023 di wilayah Sumatera Utara dimulai hari ini, Senin (4/9/2023), termasuk di daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Operasi ini berlangsung selama 14 hari, hingga tanggal 17 September 2023. Dimulai dengan apel pasukan di halaman Polres Tapteng yang dipimpin oleh Kapolres AKBP Basa Emden Banjarnahor, operasi ini melibatkan petugas gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, serta instansi terkait lainnya.

Kapolda Sumut, Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, dalam amanat yang dibacakan oleh Kapolres Tapteng AKBP Basa Emden Banjarnahor, menjelaskan bahwa tujuan Operasi Zebra ini adalah untuk meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, serta mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dengan korban fatal.

"Sasaran Operasi Zebra Toba 2023 mencakup segala bentuk potensi gangguan, ambang, dan gangguan nyata yang dapat menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas, baik sebelum, saat, maupun setelah pelaksanaan operasi," ungkap Kapolda Sumut.

"Selain itu, operasi ini juga akan melibatkan penegakan hukum elektronik (statis dan mobile), serta memberikan teguran subjektif dan humanis terhadap delapan prioritas pelanggaran, yaitu pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan handphone saat berkendara, pengemudi kendaraan bermotor di bawah umur, pengemudi sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI dan Safety Belt, mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol, melawan arus, melampaui batas kecepatan, dan pengemudi yang menggunakan kendaraan dengan knalpot bermasalah," tambahnya.

Kapolres AKBP Basa Emden Banjarnahor menambahkan bahwa sebanyak 42 personel gabungan telah dikerahkan untuk bertugas dalam Operasi Zebra Toba 2023 di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.

(ssg/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:42
10:39
02:06
01:02
00:50
01:52
Viral