Asap Karhutla Sudah Menyebar di Kota Palembang.
Sumber :
  • Tim TvOne/Pebri

Kabut Asap Akibat Karhutla Landa Palembang, Dinkes Sumsel Imbau Warga Pakai Masker

Senin, 4 September 2023 - 16:21 WIB

Palembang, tvOnenews.com - Akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepulan asap diperkirakan sudah masuk ke wilayah Palembang. Partikel debu padat yang dihasilkan dari kebakaran terpantau menyebar ke Palembang terbawa angin dari wilayah Ogan Komering Ilir (OKI).

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumsel Trisnawarman mengimbau masyarakat kembali menggunakan masker untuk melindungi diri dan menjaga kesehatan.

"Kita sudah memberikan imbauan ini ke masyarakat melalui surat edaran ke Kabupaten dan Kota untuk mulai menggunakan masker," ungkap Trisnawarman, Senin (4/8/2023).

Penggunaan masker tidak hanya digunakan untuk mencegah terpapar kabut asap yang mulai masuk ke Palembang namun juga melindungi dari virus. 

Terlebih masyakarat diminta untuk menjalankan pola hidup sehat, dengan menggunakan air bersih, membersihkan lingkungan, untuk mencegah berbagai penyakit lainnya seperi DBD dan Tipes.

"Kami juga mengimbau untuk penggunaan masker sebaiknya, gunakan N95," ungkapnya.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumsel Wandayantolis menambahkan, per tanggal 1 September 2023 terpantau kualitas udara di Kota Palembang telah melebih nilai ambang batas (NAB) sekitar 60,98 mikrogram per meter kubik. Pihaknya telah melakukan pengukuran dengan metode pengukuran konsentrasi PM 2.5 yang dapat mendeteksi partikel udara berukuran kecil seperti debu yang dapat mengganggu kesehatan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:29
04:04
01:11
01:03
26:59
25:31
Viral