Latihan Navigasi, Alutsista Baru TNI AU Pesawat C-130j Super Hercules A-1343 Singgah di Tanjungpinang.
Sumber :
  • Tim Tvone/Kurnia

Latihan Navigasi, Alutsista Baru TNI AU Pesawat C-130j Super Hercules A-1343 Singgah di Tanjungpinang

Selasa, 5 September 2023 - 11:53 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Alutsista Baru TNI AU, Pesawat C-130J Super Hercules A-1343 mendarat perdana di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (4/9/2023). Kedatangan pesawat hercules generasi baru ini dalam rangka latihan navigasi.

Pesawat yang dipiloti oleh Letnan Kolonel (Letkol) Penerbangan Alfonsus bersama 10 crew ini terbang dari Aceh, dan berhasil mendarat dengan sempurna di Bandara RHF Tanjungpinang sekitar pukul 14.30 WIB.

Hadirnya pesawat angkut ini menjadi pusat perhatian para instansi pemerintah, pelajar TK hingga SMA. Mereka tidak henti-hentinya mengabadikan momen tersebut dengan handphone masing-masing.

"Jadi datang ke Tanjungpinang ini dalam rangka latihan navigasi. Ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada seluruh penerbang, khususnya penerbangan pesawat super hercules," ujar Letkol Pnb Alfonsus.

Selain itu, kata Alfonsus adanya latihan navigasi ini untuk menstandarisasi penerbangan, agar dapat menjalani seluruh operasi dengan aman dan lancar. Kemudian, latihan navigasi ini, merupakan latihan puncak bagi para penerbang TNI Angkatan Udara.

Dia menerangkan, pesawat super hercules C-130 tipe J ini memiliki keunggulan dari pesawat hercules generasi sebelumnya. Menurut Alfonsus, pesawat tersebut mampu menjalani berbagai macam operasi militer.

Seperti membawa lebih banyak personel, hingga barang yang berat. Bahkan, hercules generasi baru ini mampu menempuh jarak yang jauh, dan irit bahan bakar.

"Karena mesinnya sudah powerful dari generasi sebelumnya. Pesawat ini dibuat di Amerika Serikat, dan mampu membawa barang yang berat," ungkapnya.

Usai tiba di Tanjungpinang, pesawat super hercules ini akan terbang ke Ranai, Kabupaten Natuna. Selasa (4/9/2023) besok. Selanjutnya rute penerbangan pesawat ini menuju Kalimantan Tengah, Makasar, Bandung, dan kembali ke Bandara Halim Perdana Kusuma.

"Ada pelatihan khusus untuk membawa pesawat ini. Kami diberi mandat untuk mengikuti pelatihan di akhir tahun 2022, dan di bulan Juli kemarin," pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Lanud RHF Tanjungpinang, Kolonel Arief Budiman mengatakan, kedatangan Pesawat Super Hercules TNI Angkatan Udara ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

Adanya pesawat Hercules generasi terbaru ini, dapat membuat rasa ingin tahu dan kecintaan masyarakat terhadap TNI Angkatan Udara semakin meningkat.

"Semoga peminat dirgantara di Kepri semakin meningkat," pungkasnya.(ksh/cai)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
08:40
Viral