Ilustrasi. sawah mengalami kekeringan..
Sumber :
  • Khumaidi

Dampak Fenomena El Nino: Kekeringan Menghantui Lahan Pertanian Padi di 4 Kabupaten di Lampung

Selasa, 5 September 2023 - 14:27 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Fenomena El Nino telah membawa dampak serius pada lahan pertanian padi di empat kabupaten di Provinsi Lampung. Total luas lahan pertanian padi yang terkena dampak mencapai 93 hektare.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPTPH) Provinsi Lampung, Bani Ispriyanto, mengungkapkan bahwa keempat kabupaten yang terdampak adalah Pringsewu, Tulang Bawang, Lampung Utara, dan Tanggamus.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, luas lahan yang mengalami kekeringan mencapai 93 hektare," ujarnya pada Selasa (5/9/2023).

Bani Ispriyanto menambahkan bahwa meskipun lahan pertanian padi mengalami kekeringan, belum ada laporan tentang kegagalan panen.

"Saati ini, situasi masih aman, dan pasokan air juga masih terjaga," tambahnya.

Meskipun demikian, dia mencatat bahwa akibat kekeringan pada 93 hektare lahan pertanian, potensi penurunan produksi padi diperkirakan mencapai 1.400 ton.

Walau ada penurunan produksi, Bani Ispriyanto meyakinkan bahwa hal ini tidak akan berdampak pada ketersediaan pangan di Provinsi Lampung, khususnya pasokan beras.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral