Sisa kebakaran lahan di Bengkulu Utara.
Sumber :
  • Miko

Membahayakan! Ditemukan Petani di Bengkulu Utara Bersihkan Lahan dengan Cara Dibakar

Rabu, 6 September 2023 - 13:48 WIB

Bengkulu Utara, Bengkulu - Kondisi panas berkepanjangan yang terjadi di Provinsi Bengkulu, terdata berpotensi menimbulkan kebakaran lahan. Kebakaran lahan yang terjadi ini bukan hanya disebabkan oleh kondisi alam melainkan didominasi atas perbuatan pembakaran lahan untuk areal pertanian dan perkebunan.

Salah satunya yang terjadi di Desa Lubuk Lesung, Kecamatan Lais, Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Kebakaran lahan yang terjadi ini terpantau melalui citra satelit. Kejadian ini terjadi sejak tanggal 4 September 2023 dan baru terdeteksi dan dipadamkan pada Rabu (6/9/2023).

Disampaikan Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombespol Anuardi, bahwa titik api di lokasi tersebut telah ada sejak tanggal 4 September 2023, hal ini berdasarkan citra satelit yang didapat melalui aplikasi Sipongi.

Berdasarkan citra satelit tersebut, personel Polsek setempat melakukan pengecekan di koordinat lokasi titik api, sehingga dapat temukan kegiatan warga yang membersihkan lahan kebun dengan cara dibakar.

“Personel kita membantu padamkan api, dan dilakukan peringatan berikut himbaun agar tidak bersihkan lahan kebun dengan cara dibakar," kata Kombespol Anuardi.

Hingga saat ini, lanjut Kabid Humas Polda Bengkulu, Polda telah melakukan kolaborasi bersama pemerintah daerah, TNI, BPBD, SAR serta elemen masyarakat lainnya untuk melakukan pendeteksian dini terkait titik panas di wilayah Bengkulu. Ini dilakukan untuk pencegahan terjadinya kebakaran hutan luas.

“Polda bersama stakeholder yang lain melakukan pendeteksian dini titik panas, ini dimaksudkan untuk pencegahan," lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral