Warga Binaan Rutan Labuhandeli Jalani Skrining ACF..
Sumber :
  • Martinus

Antisipasi Penularan, Ribuan Warga Binaan Rutan Labuhan Deli Jalani Skrining Active Case Finding TBC

Rabu, 6 September 2023 - 18:13 WIB

Medan, tvOnenews.com - Mengantisipasi penularan penyakit tuberculosis di dalam tahanan, warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Labuhan Deli menjalani skrining Active Case Finding (ACF) TBC.

Kepala Rutan Labuhan Deli, Erwin F Simangunsong diwakili Palben Manurung, Rabu (6/9/2023), mengatakan, skrining ACF TBC dilaksanakan di lapangan serta klinik Pratama Rutan Labuhan Deli, sejak Selasa kemarin (5/9/2023).

Kegiatan ini bersinergi dengan Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kesehatan Kota Medan, Rumah Sakit Khusus Paru Provinsi Sumatera Utara, BTKLPP dan Tirta Medical Center (TMC).

“Ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan massif," katanya.

Adapun kegiatan skrining ACF TBC di hari pertama, kata Palben Manurung, diikuti 200 orang Warga Binaan Rutan Labuhan Deli, dengan target 1.284 orang warga binaan yang akan dilaksanakan dalam tujuh hari ke depan.

Dalam proses pelaksanaan skrining gejala dilakukan oleh petugas kesehatan Rutan Kelas I Labuhan Deli, sementara skrining CXR dilakukan oleh tim vendor X-Ray Tirta Medical Center (TMC), dan pemeriksaan sputum TCM dilakukan oleh Rumah Sakit Khusus Paru Sumut.

“Kegiatan skrining ACF TBC salah satu upaya Rutan Labuhan Deli dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran penyakit TBC khususnya di dalam Rutan,” ujar Palben. (mss/nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral