Soto Ranjau.
Sumber :
  • Zulfahmi

Lezatnya Soto Ranjau, Pedagang: Soto Ini Bukan Sebuah Peledak

Minggu, 10 September 2023 - 15:18 WIB

Medan, tvOnenews.com - Jika Anda bosan dengan soto berkuah santan, coba nikmati soto dengan kuah bening khas Jawa Timur. Makanan satu ini bisa jadi menu referensi yang wajib Anda coba, namanya Soto Ranjau.

Saat ini, Soto ranjau bisa ada temui di Kedai Bunda Ucy yang berada di Jalan Arief Rahman Hakim, Kota Medan. Kedai ini merupakan satu-satunya yang menyediakan menu khas Jawa Timur di Kota Medan.

Pemilik Kedai bernama Suci Ramadayati, ia mengatakan ciri khas dari soto ranjau adalah kuahnya yang bening dan terdapat ranjau di dalamnya. Jika anda memesan soto ranjau jangan takut, karena ranjau yang ada di soto ini bukanlah sebuah peledak.

Kata suci, nama ranjau diambil karena banyaknya potongan tulang ayam yang masih tersisa daging di dalamnya.

“Banyak orang berpikiran ranjau yang saya jual di sini maknanya jebakan atau peledak yang kalau dimakan terasa pedas, sebenarnya bukan itu. Soto ranjau itu dari rangka tulang ayam kupasan dari ayam filet yang di dalam tulang-tulang tersebut masih terdapat daging,” ucapnya Suci, Mingggu (10/9/2023) kepada tvonenews.com di Medan.

Suci menambahkan, tak hanya warna kuah yang bening dan banyaknya potongan rangka tulang ayam, ciri khas lain dari soto ini ternyata ada pada serbuk koya dan juga asam. Serbuk koya dipakai sebagai pengental alami pada kuah.

Dikatakannya, untuk mendapatkan serbuk koya, Suci, meraciknya sendiri. Adapun bahan yang dibutuhkannya yakni kerupuk udang dan bawang putih goreng. Kedua bahan ini dihaluskan menggunakan blender hingga menjadi serbuk.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral