Petugas PLN Mendirikan Tiang Listrik Salah Satu Desa Terpencil di Sumatera Utara.
Sumber :
  • Tim TvOne/Zulfahmi

11 Desa di Sumatera Utara Baru Nikmati Listrik

Senin, 18 September 2023 - 16:37 WIB

Medan, tvOnenews.com - Komitmen pemerintah untuk pemerataan akses ketenagalistrikan bagi masyarakat di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) kembali diwujudkan dengan penyalaan 11 desa di Sumatera Utara melalui dana Penyertaan Modal Negara (PMN).

Penantian panjang masyarakat  di 11 desa tersebar diberbagai Kabupaten yang ada di Sumatera Utara, yakni Kabupaten Langkat, Asahan, Nias Selatan, Tapanuli Utara, Labuhan Batu Selatan, Mandailing Natal, Humbang Hasundutan dan Nias Utara, daerah tersebut saat ini mereka baru menikmati listrik

Hal itu di sampaikan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara, Awaluddin Hafid, mengatakan PLN berhasil membangun Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 27,145 kilometer sirkuit (Kms), 10 unit trafo distribusi dengan total daya 600 kilo Volt Ampere (kVA) selama pada periode bulan Juli hingga Agustus 2023 dengan menggunakan dana PMN dari pemerintah.

“Ada 489 pelanggan di 11 desa kini telah dapat menikmati listrik PLN selama 24 jam. Semoga dengan adanya listrik tersebut tentunya dapat meningkatkan perekonomian, kesejahteraan dan pendidikan,” ungkap Awaluddin, Senin. (18/09/2023).

Awaluddin juga menambahkan dengan support yang diberikan oleh pemerintah melalui dana PMN membuat PLN semakin bersemangat untuk terus menerangi hingga ke pelosok negeri. Hal ini sejalan dengan Pancasila ke lima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Dalam menjalankan program pemerintah untuk menerangi hingga ke pelosok negeri, kami berkewajiban untuk memastikan program tersebut berjalan dengan baik.

"Saya juga berharap kepada masyarakat desa yang telah dijangkau oleh listrik PLN, warga tidak hanya memanfaatkan listrik untuk keperluan konsumtif melainkan dapat untuk digunakan untuk kegiatan produktif guna mengingkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," ujar singkat Awaluddin. (zul/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral