Gerbang Tol Stabat..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Taufik

Jalan Tol Binjai-Langsa Stabat-Kuala Bingai Dibuka Hari Ini dan Masih Gratis Sementara

Rabu, 20 September 2023 - 10:06 WIB

Langkat, tvOnenews.com - Segmen Jalan Tol Binjai-Langsa Stabat-Kuala Bingai, sepanjang 7,55 Km, telah selesai dikerjakan dan resmi beroperasi hari ini, Rabu (20/9/2023). Menurut Ari Wibowo, Branch Manager Tol Binjai-Langsa, dalam konfirmasi kepada awak media pada hari yang sama, "Hari ini sudah mulai beroperasi Jalan Tol Binjai-Langsa segmen Stabat-Kuala Bingai."

Ari juga menambahkan bahwa saat ini jalan tol segmen Stabat-Kuala Bingai tidak akan dikenai biaya alias gratis. Namun, ini hanya berlaku sementara waktu hingga ada Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang akan menentukan tarif jalan tol tersebut. "Iya, dari Stabat-Kuala Bingai tanpa tarif. Tapi hanya sementara saja, sampai ada kepmen tarif dari PUPR," tambah Ari.

Pengemudi yang ingin melintasi Jalan Tol Binjai-Langsa segmen Stabat-Kuala Bingai kini dapat melakukannya kapan saja, sebab penerangan dan rambu-rambu sudah selesai hingga 100 persen. Ari menjelaskan, "Berbeda pada saat ujicoba mudik lebaran 2023 lalu. Jika pengemudi yang hendak melintasi segmen tersebut, hanya bisa dilintasi sejak pagi hingga sore hari saja. Karena pada waktu itu, penerangan dan rambu-rambu belum selesai hingga 100 persen. Namun untuk saat ini, semuanya sudah rampung."

Selama masa sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dan pengguna jalan tol yang melintas akan memahami tata tertib yang berlaku di jalan tol, yang berbeda dengan jalan nasional, terutama terkait penggunaan kartu uang elektronik dan peraturan putar balik kendaraan.

Meskipun belum ada tarif, pengguna jalan tol tetap diwajibkan untuk menggunakan kartu uang elektronik, terutama pengguna yang melintas dari arah Stabat menuju Kuala Bingai atau sebaliknya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Jalan Tol Binjai-Langsa seksi Binjai-Stabat tetap dikenakan tarif normal karena sudah beroperasi dengan tarif sejak lama.

Sementara itu, PT Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan saldo UE (Uang Elektronik) mencukupi sebelum memasuki gerbang tol. Bagi yang lupa mengisi saldo UE, mereka dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps milik Hutama Karya yang menyediakan fitur Cek Saldo UE dan melakukan Top up saldo UE.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral