Pj Gubernur Sumut Hassanudin bersama unsur Forkopimda pada acara Deklarasi Pemilu Damai 2024..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Ahmidal

Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Sumut: Pj Gubernur Hassanudin Bahas Potensi dan Pencegahan Kerawanan Pesta Demokrasi

Kamis, 28 September 2023 - 13:07 WIB

Medan, tvonenews.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menyebutkan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 sebagai agenda pesta demokrasi terbesar dan pertama kali dilaksanakan di Sumut. Potensi kerawanan serta upaya kerja keras semua pihak untuk menyukseskannya menjadi catatan penting.

Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 dan Penandatanganan Kesepakatan Pendanaan Bersama Pilkada Serentak 2024 menjadi momen penting yang disampaikan oleh Pj Gubernur Hassanudin pada acara tersebut, yang berlangsung di Ballroom, Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo, Medan, pada Rabu (27/09/2023).

Dalam sambutannya, Pj Gubernur menyampaikan bahwa Pemilu 2024 mendatang sebagai yang terbesar, mengingat selain memilih calon anggota DPD RI, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan Pilpres di saat bersamaan, juga akan berlangsung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak seluruh Indonesia di tahun yang sama, hanya beberapa bulan setelah pencoblosan di Pemilu Pileg dan Pilpres.

“Dalam pelaksanaannya, Pemilu 2024 akan menghadapi berbagai potensi permasalahan atau kerawanan, mulai dari persiapan kebutuhan/anggaran, data pemilih, distribusi logistik Pemilu, kapasitas dan beban kerja petugas, sampai dengan penetapan calon terpilih,” ujar Pj Gubernur, didampingi Kaban Kesbangpol Sumut Ardan Noor, Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, dan pejabat lainnya.

Untuk itu, lanjut Pj Gubernur, diperlukan perhatian, usaha, dan kerja keras dari semua pihak agar pelaksanaan pesta demokrasi di tahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan asas prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Kita perlu mengambil langkah-langkah preventif dalam rangka menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta stabilitas suhu perpolitikan Sumatera Utara. Suksesnya Pemilu tahun 2024 ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah terkait kesiapan pendanaan oleh pemerintah daerah,” jelas Hassanudin.

Dengan upaya dan kerja keras bersama mengantisipasi potensi permasalahan, lanjut Hassanudin, Pemilu 2024 dapat menjadi pesta demokrasi yang demokratis. Dengan demikian, berbagai potensi kerawanan yang bisa saja muncul dapat dicegah, terutama dengan deklarasi damai yang ditandatangani oleh seluruh peserta Pemilu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral