Peringati Hari Jantung Sedunia, Murni Teguh Memorial Hospital (MTMH) meluncurkan aplikasi Heart and Stroke, Jumat (29/9/2023).
Sumber :
  • Tim TvOne/Sri Gustina Hasan

Peringati Hari Jantung Sedunia, Murni Teguh Luncurkan Aplikasi Heart and Stroke

Jumat, 29 September 2023 - 16:46 WIB

Medan, tvOnenews.com - Murni Teguh Memorial Hospital (MTMH) meluncurkan aplikasi Heart and Stroke, Jumat (29/9/2023). Launching aplikasi Heart & Stroke Murni Teguh ini menjadi acara utama dalam memperingati Hari Jantung Sedunia tepat hari ini, 29 September 2023.

Peluncuran aplikasi tersebut ditandai dengan penekanan tombol oleh Presiden Komisaris PT Murni Sadar Tbk Tjhin Ten Chun, bersama Presiden Direktur DR dr Mutiara MHA MKT, Direktur Operasional MTMH dr Jong Khai MARS, Wadir MTMH dr Bangbang Buhari MKM, Perwakilan Yayasan Jantung Indonesia Prof dr Sutomo Kasiman SpJP (K), Perwakilan Perdosi (Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf) Indonesia - Medan Prof Dr dr Kiking Ritarwan Sp S(K) MKT dan mewakili Wali Kota Irfan SKM di Aula MTMH Medan.

Dr Mutiara menuturkan, aplikasi Heart and Stroke Murni Teguh ini bisa membantu masyarakat mendapatkan penanganan cepat jika mengalami gejala penyakit jantung dan stroke. 

Diharapkan, aplikasi tersebut dapat memberikan penanganan jantung & stroke dalam masa periode emas (golden period) sehingga dapat mengurangi angka kematian dan kecacatan akibat serangan jantung atau stroke. 

"Golden period atau waktu terbaik penanganan penyakit stroke hanya berlangsung 4,5 jam pertama untuk mengurangi risiko kematian dan kecacatan permanen. Kalau penyakit jantung, golden period itu 90 menit pertama setelah munculnya gejala serangan jantung. Untuk itu, kita harapkan aplikasi ini dapat memberikan penanganan jantung & stroke dalam masa periode tersebut," jelas Mutiara.

Aplikasi Heart & Stroke ini dapat diunduh lewat play store dan app store. Masyarakat yang mengunduh aplikasi ini dapat melakukan konsultasi dan sharing lokasi penjemputan ambulans. 

"Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, pada tahap awal rumah sakit akan mengirimkan perawat yang menggunakan sepeda motor ke lokasi. Di situ perawat akan melakukan rangkaian pemeriksaan, penanganan pertama serta berkonsultasi dengan tim dokter. Jika membutuhkan penanganan lebih lanjut, selanjutnya rumah sakit akan mengirimkan ambulance beserta dokter dan perawat lalu dibawa ke HCU RS Murni Teguh," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
05:26
Viral