Taman Nasional Way Kambas Lampung terbakar..
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Kebakaran Lahan Taman Nasional Way Kambas Lampung Diduga Akibat Ulah Pemburu Liar

Kamis, 5 Oktober 2023 - 17:38 WIB

Lampung Timur, tvOnenews.com - Kebakaran lahan di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Kabupaten Lampung Timur ini terindikasi kuat sengaja dilakukan oleh para pemburu liar. Sebab kebakaran ini sering terjadi setiap musim kemarau tiba dan petugas kesulitan memberantasnya.

Humas Balai TNWK Lampung Timur, Sukatmoko, mengatakan pihaknya menduga ada pemburu liar di kawasan TNWK yang membuka lahan dengan cara membakar dan membuang puntung rokok sehingga menyebabkan kebakaran di sebagian lahan gambut.

Petugas TNWK dibantu personel TNI dan Polri mengalami kesulitan untuk memadamkan api karena lokasi yang sulit dijangkau dengan kendaraan. "Kondisi saat ini, hutan yang kering mudah tersulut api yang sedikit dapat langsung membesar," kata Sukatmoko, Kamis (5/10/2023).

Sukatmoko menjelaskan kondisi hutan dan lahan gambut yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau saat ini sangat rentan terhadap percikan api. Hal itu diperparah dengan dampak El Nino yang menyebabkan kemarau panjang lebih dari lima bulan terakhir.

"Kalau penyebab kebakaran, diduga karena adanya pemburu liar saja di hutan, yang sengaja membuang percikan api. Lahan gambut yang kering mudah terbakar," kata jelasnya.

Balai TNWK mencatat, kebakaran hutan di kawasan Balai TNWK 2023 ini terparah selama tiga tahun terakhir. Di tahun 2023 ini, lebih dari 200 hektare (ha) lahan gambut di kawasan TNWK terbakar. Kebakaran ini terjadi sejak dua bulan terakhir pada musim kemarau.

Rencananya, Balai TNWK meminta bantuan pemerintah untuk memadamkan api dengan cara membuat hujan buatan atau penyiraman dari atas. Hal ini karena penyiraman atau pemadaman secara manual sangat tidak efektif dan efisien dikarenakan titik api jauh tidak terjangkau kendaraan mobil. (puj/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral