Warga mengambil air dari sumur yang berada di dekat persawahan..
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Sudah 3 Bulan Dilanda Kekeringan, Warga di Pringsewu Lampung Tempuh Jarak 1 Kilometer Demi Air Bersih

Kamis, 5 Oktober 2023 - 17:57 WIB

Pringsewu, tvOnenews.com - Dampak kekeringan yang terjadi sejak tiga bulan terakhir membuat puluhan warga di Desa Pandan Surat, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Lampung terpaksa mengambil air di sumur persawahan untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Untuk mendapatkan air bersih dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, warga terpaksa mengambil air dari sumur yang berada di dekat persawahan. Setiap pagi dan sore hari, warga harus bolak-balik mengambil air dari sumur tersebut dengan menempuh jarak sejauh 1 kilometer menggunakan sepeda motor.

Menurut warga, kekeringan yang melanda desanya itu, sudah berjalan tiga bulan sehingga membuat warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih. "Susah, sumurnya sudah dalam, jika ditimba airnya keruh. Sumur manual bukan sumur bor," keluh Misnanto kepada tvOnenews.com, Kamis (5/10/2023).

Selama ini, kata Misnanto, warga sekitar memanfaatkan sumber air tersebut setiap pagi dan sore. "Kalau pagi dan sore ramai mengambil air. Sekitar 30 kepala keluarga memanfaatkan sumber air tersebut untuk minum, masak, mandi, mencuci," jelasnya.

Warga pun berharap kepada pemerintah daerah agar memberi atensi akan nasib warganya yang kesulitan mendapatkan air bersih. "Dibantulah, sumurnya diperbaiki atau dibantu sumur bor agar warga tidak kesulitan," pintanya. (puj/wna)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral