Lahan Piramida Toba di Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara terbakar..
Sumber :
  • Tim tvOne/Syaren

Piramida Toba di Kabupaten Humbang Hasundutan Terbakar

Rabu, 11 Oktober 2023 - 16:34 WIB

Humbahas, tvOnenews.com - Areal lahan Piramida Toba yang ditemukan di Desa Marbun Toruan, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara terbakar.

Camat Baktiraja, Sanggam Lumbangaol, mengatakan peristiwa itu terjadi pada Senin (9/10) siang sekitar pukul 13.00 WIB. Namun ia mengaku tidak mengetahui pasti apa penyebab terjadinya kebakaran di kawasan Piramida Toba itu.

"Kita tidak tahu apa penyebab terjadinya kebakaran lahan di sekitar Piramida Toba itu. Kebetulan saat itu saya sedang rapat di Dolok Sanggul, trus dapat informasi sudah terbakar, saya pun langsung turun ke lokasi dan menurunkan damkar," katanya, Rabu (11/10/2023).

Karena sulitnya akses masuk ke lokasi Piramida Toba untuk pemadaman, petugas damkar dibantu aparat kecamatan dan desa, dinas pariwisata serta dibantu warga hanya melakukan pencegahan agar api tidak sampai merembet ke pemukiman warga.

"Api yang membakar kawasan Piramida Toba itu padam total sekitar jam 5, jam 6 sore," jelas Sanggam Lumbangaol.

Namun, lanjut Sanggam Lumbangaol, kebakaran terjadi saat petugas dari kantor camat, aparat desa dan dinas pariwisata sedang melakukan pembersihan semak belukar di atas lahan Piramida Toba tersebut.

"Petugas kita yang melakukan pembersihan di lokasi saat itu sedang istirahat makan siang. Maklumlah sudah sebulan di sini musim kemarau di Baktiraja ini," timpalnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral