Petugas memadamkan sisa kebakaran lahan di kawasan hutan lindung register 45B Krui Utara lereng Gunung Pesagi, Pekon Fajaragung, Kecamatan Belalau, Lampung Barat..
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Kawasan Hutan Lindung TNBBS Register 43B Lampung Terbakar

Kamis, 12 Oktober 2023 - 13:24 WIB

Lampung Barat, tvOnenews.com - Sekitar satu hektare hutan kawasan register 43B Krui Utara yang dikelola oleh kelompok HKm Lereng Pesagi di Pekon Fajar Agung, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat, Rabu (11/10) terbakar.

Anhadi, salah satu warga mengaku, setelah mengetahui adanya kejadian kebakaran tersebut ia langsung melaporkannya kepada Polsek Sekincau. Setelah menerima laporan dari masyarakat, Posek Sekincau bersama Babinsa dan masyarakat langsung menuju lokasi kebakaran yang melahap sekitar satu hektare lahan.

"Petugas melakukan upaya pemadaman dengan menggunakan alat seadanya, seperti tangki semprot punggung yang diisi air dan peralatan lainnya," kata AKP Jauhari, Kapolsek Sekincau, Kamis (12/10/2023).

Kapolsek meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak ada lagi yang melakukan pembakaran lahan untuk kepentingan apapun. "Jangan membuang puntung rokok sembarangan, pastikan saat membakar sampah tidak terjadi kebakaran, jangan membakar lahan atau sisa pohon atau tanaman," imbau AKP Jauhari.

Untuk mencegah kebakaran terhadap lahan dan kawasan, kata AKP Jauhari, pihaknya sudah berulang kali mengingatkan masyarakat, baik secara lisan maupun tertulis melalui pemasangan banner-banner di lokasi strategis sekitar kawasan.

"Kami bersama pihak terkait sudah memasang banner di sekitar kawasan yang isinya larangan melakukan pembakaran untuk mencegah kebakaran. Kemudian secara lisan juga sudah sering disampaikan kepada masyarakat pengelola hutan agar masyarakat waspada api di musim kemarau ini," tandasnya. (puj/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral