Pertandingan gasing tradisional di Kabupaten Karimun, Kepri..
Sumber :
  • Tim tvOne/Jupri

Festival Gasing dan Layang-layang di Karimun Diikuti Ratusan Peserta Lokal dan Mancanegara

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 16:35 WIB

Karimun, tvOnenews.com - Lestarikan budaya tradisional, ratusan peserta adu gasing dan layang-layang meriahkan HUT Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau yang ke-24 tahun. Gasing dan layang- layang merupakan permainan rakyat yang sudah ada sejak dahulu kala. Selain digemari anak-anak, permainan ini juga digemari orang dewasa. 

Hal tersebut yang mendorong pemerintah Kabupaten Karimun untuk mengadakan pertandingan tradisional yang dikuti oleh puluhan warga lokal maupun wisatawan mancanegara, khususnya dari Malaysia dan Singapura.

"Kita mengharapkan pada generasi penerus kita dapat terus menghayati dan mengikuti olah raga tradisional ini," ujar Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim. 

Sementara itu, Kadispora Karimun, Usman mengungkapkan, akan mengembangkan olahraga ini sebagai minat rekreasi sekaligus memancing wisatawan mancanegara untuk terlibat dalam permainan tradisional ini.

"Antusias masyarakat mengikuti kegiatan festival ini sangat tinggi, dan untuk peserta ada sebanyak 140 orang, gasing 20 sedangkan layang-layang 120 orang," ungkapnya. 

Melalui festival ini, akan mendorong terbentuknya Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), sekaligus melestarikan tradisi bermain layang-layang.

"Pemkab Karimun sangat mengapresiasi Pekan Olahraga Rekreasi Nusantara (PORTINA) dan kita melakukan dukungan serta mencoba menggandeng, kawan-kawan yang aktif dalam olah raga kreasi ini serta bagaimana even-even ini terlaksana dengan baik," jelasnya. (aji/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral