Kebakaran hutan dan lahan..
Sumber :
  • Tim tvOne/Rendy Primadana

Kebakaran Hebat Melanda Ratusan Hektare Lahan di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka

Kamis, 26 Oktober 2023 - 22:40 WIB

Pangkalpinang, tvOnenews.com - Telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yakni di seputaran Jalan Lintas Timur, Gang Barokah, Gang Sahabat, Gang Pelungor, Gang Gelam, Gang Bejo, dan Kampung Padang, Kelurahan Selindung Lama, Kecamatan Gabek, Kota Pangkalpinang, dan di Air Anyir, Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung. 

Kebakaran yang terjadi pada Kamis (26/10/2023) dini hari tersebut, dengan cepat merambat ke sekitarnya, lantaran lahan gambut yang luas dan kering ditambah angin kencang, menyebabkan kobaran api membumbung tinggi.

"Penyebab kebakaran belum kita ketahui, tapi karena lahannya gambut kering semua ditambah angin kencang, api cepat merambat ke sekitar," kata Kepala BPBD Mikron Antariksa, Kamis (26/10/2023). 

Mikron menambahkan mengetahui karhutla tersebut, tim yang terdiri dari tim gabungan BPBD Pangkalpinang, Damkar Pangkalpinang, Polda Babel, Tagana, hingga warga setempat terjun untuk memadamkan api.

"Kami langsung menerjunkan 7 mobil damkar, tetapi karena sumber api ini berasal dari dalam hutan, kami mengalami kesulitan untuk memadamkan api," ungkap Mikron. 

Api yang terus membakar dari dalam hutan tersebut berhasil dipadamkan pada pukul 17.14 WIB, tetapi api tersebut telah melahap habis ratusan hektare yang berada di lokasi tersebut.  

"Saya mengimbau untuk masyarakat, jangan membuka lahan dengan cara dibakar, kita masih mengalami kemarau, curah hujan masih sedikit. Dan juga kalau membakar sampah jangan didekat lahan," imbau Kepala BPBD Kota Pangkalpinang tersebut. (fpa/wna)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral