Kapal Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) Johor Bahru menyambangi KN SAR Purworejo..
Sumber :
  • Tim tvOne/Alboin

Sempat Terdampar di Malaysia, Ini Data Lima WNI asal Kepri yang Dijemput Basarnas

Senin, 30 Oktober 2023 - 21:08 WIB

Batam, tvOnenews.com - Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Basarnas mengevukuasi lima warga Karimun, Kepri korban kapal karam yang hanyut di Perairan Malaysia pada 7 Oktober 2023 lalu. Adapun kelima korban, antaran lain Tengku Febri Fahendra (21), Arfiliandi (34), Jimmi Gomgom Parsaoran Pasaribu (33), Warnata (40), dan Mardian Sumarwan (44).

Sebelumnya kelima warga Karimun itu diselamatkan Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) Johor dan selajutnya dilaporkan ke KJRI Johor Bahru.

Untuk evakuasi dan penjemputan kelima warga Karimun itu, kapal KN SAR Purworejo bersama tim gabungan Basarnas, Bakamla,TNI AL, Bea Cukai Batam, Imigrasi Batam, Dit Polair Polda Kepri, KSOP Batam, DKP Batam, PMI, bergerak menuju titik penjemputan di perairan perbatasan Indonesia-Malaysia, Senin (30/10/2023).

Pada proses ini, dua kapal milik Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) Johor yang mengangkut kelima WNI dan Konsulat Jenderal RI di Johor Bahru, bersandar di KN SAR Purworejo dan selanjutnya melakukan serah terima.

Kepala Kantor SAR Kepulauan Riau, Slamet Riyadi, usai serah terima mengatakan, penjemputan dilakukan setelah adanya kerjasama yang baik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Malaysia melalui intansi terkait.

"Sore ini Tim SAR gabungan telah melaksanakan penjemputan lima warga negara kita yang telah diselamatkan oleh APPM Malaysia, tadi juga sudah dilaksanakan serah terima yang disaksikan oleh Kosulat Jenderal RI Johor Baru,” ujar Slamet.

Menurut Slamet Riyadi, kapal yang digunakan kelima warga Karimun itu, karam setelah dihantam arus ombak yang besar sehingga kapal pecah dan terbawa arus hingga berada di perairan Johor, Malaysia. "Informasi yang kami terima kapal mereka pecah dan terbalik sehingga mereka hanyut terbawa arus hingga ke perairan Johor Bahru,” ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral