Suasana pedagang cabai di Pasar Tanjungpinang..
Sumber :
  • Tim tvOne/Kurnia

Harga Cabai di Tanjungpinang Makin Pedas dan Tidak Terkendali

Kamis, 2 November 2023 - 12:39 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Harga komoditas cabai di Tanjungpinang terus merangkak naik. Kenaikan harga cabai saat ini hampir tidak terkendali terutama cabai Thailand atau yang populer disebut cabai setan.

Di Pasar Bintan Center Tanjungpinang, Provinsi Kepri, jenis cabai yang satu ini dijual oleh pedagang seharga Rp96 ribu per kilogram. Harga normal cabai setan ini sebelumnya berkisar Rp60 ribu - Rp68 ribu per kilogram.

Kenaikan harga cabai setan, diketahui telah terjadi sejak sepekan yang lalu. Stok yang sedikit, ditambah dengan harga ongkos kirim yang tinggi, menjadi dua diantara penyebab kenaikan harga cabai rawit setan.

Leli (45) salah seorang pedagang Pasar Bintan Center, mengatakan cabai rawit setan normalnya dijual senilai Rp68 ribu per kilogramnya. Kini, harga cabai itu hampir menyentuh angka Rp100 ribu. "Naiknya bertahap, dari seminggu yang lalu. Cabai merah juga naik, dari yang Rp48 ribu per Kg, kini jadi Rp68 ribu. Cabai rawit hijau saat ini Rp65 ribu," ujar Leli di lapak dagangannya, Kamis (2/11/2023).

Leli menyampaikan, cabai-cabai yang ia jual ini diperoleh dari daerah luar Kepulauan Riau, seperti Jawa dan Sumatera. Menurutnya, pedagang terpaksa menaikan harga cabai, lantaran pasokan yang sedikit dan nilai ongkos kirim yang tinggi.  

"Mereka bilang banyak barang cabai yang kosong, Ini saja kami jual cabai tidak banyak. Harga cabai aja melonjak, yang lainnya masih normal," ungkapnya.

Selain cabai setan, harga cabai jenis lainnya juga turut naik. cabai merah keriting Rp72 ribu per kilogram, cabai hijau keriting Rp40 ribu dan cabai rawit Rp64 ribu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral