Kompleks makam Raja Ali Haji..
Sumber :
  • Antara

Mengenal Tiga Pahlawan Nasional asal Kepri, Berikut Profilnya

Sabtu, 11 November 2023 - 15:10 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Momentum memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November menjadi momen warga Indonesia mengenang jasa para pejuang bangsa dan negara yang telah mendahului kita untuk menghadap Sang Khalik.

Mereka yang bergelar pahlawan nasional adalah orang-orang yang oleh Pemerintah Republik Indonesia dianggap sangat berjasa bagi bangsa dan negara ini. Masih banyak pahlawan lainnya yang juga berjasa besar terhadap bangsa ini, namun jejak dan kiprah sebagian dari mereka tidak tercatat dalam sejarah.

Maka itu, tak ada salahnya pada momentum penting ini masyarakat, terutama generasi muda, mengetahui nama-nama pahlawan nasional, minimal di lingkup daerah masing-masing. Sebagai contoh, pahlawan nasional dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Sekretaris Masyarakat Sejarahwan Indonesia (MSI) Cabang Kepri, Dedi Arman, meminta anak-anak muda mengenali daftar pahlawan nasional yang berasal dari daerah tersebut.

Sampai saat ini, tercatat ada tiga pahlawan nasional dari Kepri, yaitu Raja Haji Fisabilillah, Raja Ali Haji, dan Sultan Mahmud Riayat Syah. Generasi muda hari ini juga diharapkan mau tahu lebih jauh di mana makam ketiga pahlawan itu termasuk silsilah mereka.

Ketiganya dari Kerajaan Riau Lingga yang kemudian dibubarkan oleh Belanda pada tahun 1913. Mereka pernah punya kerajaan besar yang membawahi tiga negara. Jadi sudah sewajarnya kalau warga berbangga dengan tiga leluhur hebat itu.

Dengan mengenali siapa pahlawan nasional asal Kepri, maka para pemuda bisa meneladani semangat dan nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan tersebut. Raja Haji dengan sikap heroiknya. Raja Ali Haji, pahlawan bahasa, lalu Sultan Mahmud Riayat Ayah dengan gerilya peperangan laut.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
16:19
04:46
01:55
02:26
02:13
Viral