Banjir Bandang di Samosir..
Sumber :
  • Daud

Cuaca Ekstrem, 4 Desa di Samosir Terendam Banjir Bandang

Selasa, 14 November 2023 - 17:15 WIB

Samosir, tvOnenews.com - Tingginya curah hujan yang berkepanjangan sejak beberapa pekan terakhir, mengakibatkan banjir bandang melanda kawasan empat desa di  Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Senin sore (13/11/2023), sekira 18.30 WIB.

Dari informasi yang diperoleh, luapan air bercampur bebatuan dan lumpur menggenangi sejumlah pemukiman warga di empat desa, juga sejumlah fasilitas umum seperti sekolah SMP Negeri Sihotang, dan TPU (Tempat Pemakaman Umum) warga desa sekitar.

Kondisi terparah yang dihantam banjir bandang, yakni Desa Siparmahan, Desa Dolok Raja, Desa Sampur Toba dan Desa Turpuk Limbong.

Petugas Polsek Harian yang mengetahui adanya kejadian banjir bandang ini kemudian langsung menuju lokasi, guna memberikan bantuan dan mengevakuasi warga desa yang terjebak banjir.

Hanya berselang beberapa saat setelah menerima informasi adanya kejadian, Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom didampingi Anggota DPRD Samosir, Saurtua Silalahi dan sejumlah kepala dinas yang terkait langsung meninjau lokasi banjir bandang.

Selain mengunjungi lokasi banjir bandang, Bupati Samosir juga langsung menemui masyarakat yang mengungsi di Gereja Katolik Pintubatu dan dua titik di sekitaran pelabuhan yang berada di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom dalam kesempatan itu, juga membagikan stok makanan kepada para pengungsi yang tersebar di sejumlah lokasi dan langsung memerintahkan jajarannya untuk mendirikan dapur umum untuk menjamin ketersediaan makanan dan minuman termasuk  menyediakan fasilitas kesehatan, dokter dan ambulans untuk evakuasi warga apabila ada yang sakit.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral