Kadis Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Medan, Topan Ginting..
Sumber :
  • Tim tvOne/Ahmidal Yauzar

Jalan Sudirman Medan Licin dan Berisiko Kecelakaan, Ternyata Segini Nilai Proyeknya

Selasa, 21 November 2023 - 20:47 WIB

Medan, tvOnenews.com - Ruas jalan di persimpangan Jalan Sudirman Kota Medan mendadak viral lantaran seorang pengendara sepeda motor tergelincir usai jalan tersebut selesai direvitalisasi menggunakan bahan keramik. Akibatnya tektur permukaan jalan menjadi licin dan berpotensi menimbulkan kecelakaan bagi pengendara sepeda motor.

Awalnya, masyarakat menilai jalan tersebut terbuat dari keramik. Namun, Wali Kota Medan Bobby Nasution membantah dan menyebutkan jika ruas jalan di persimpangan terbuat dari beton yang telah di-coating. Penerapan beton yang di-coating telah digunakan di beberapa kota di Indonesia, namun untuk Kota Medan, ini merupakan pertama kali. 

Dikatakan Topan Ginting, Kadis Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Medan, menyebutkan proyek di persimpangan Jalan Sudirman memiliki anggaran Rp1,7 miliar. "Jadi itu rigid beton yang diberi finishing coating. Setelah di-coating ada tahap pencucian lagi dengan bahan kimia, jadi itu belum dicuci sudah dilalui, itu yang buat jalannya licin. Bukan keramik,” Kata Topan Ginting usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Medan, Selasa (21/11/ 2023).

Topan juga menjelaskan pencucian jalan dan pengaspalan yang belum selesai membuat kondisi jalan licin. “Jadi ada beberapa kali pencucian. Saya tanya ke pelaksana katanya coating-nya ketebalan. Kemarin saya lalui dan lakukan pengereman memang belum gigit jalannya. Proses pengaspalan salah satu bahannya solar atau minyak. Itu dia terpapar ke rigid beton sehingga menyebabkan licin,” katanya. (ayr/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral