Proses evakuasi longsoran yang langsung dipimpin Kapolres Simalungun dan jajaran dibantu warga dan Muspika Kecamatan.
Sumber :
  • Daud

Cuaca Ekstrem, Longsor Menutup Jalur Lintasan Penghubung Kecamatan di Simalungun

Kamis, 23 November 2023 - 14:10 WIB

Simalungun, tvOnenews.com - Cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, sejak Rabu malam (22/11/2023) mengakibatkan longsor dan menutup jalur lintasan yang menghubungkan Kecamatan Purba dengan Huta Bandar Saribu, Kelurahan Haranggaol, hingga tak bisa dilalui.

Terdapat dua titik longsoran di jalur lintasan tersebut, yang membuat jalur lintasan lumpuh total hingga mengakibatkan perjalanan warga sempat terhambat.

Pasca kejadian, upaya penanganan darurat bencana alam tersebut kemudian langsung diantisipasi dengan menerjunkan alat berat guna membersihkan material longsoran.

Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F C Sipayung, yang memimpin pembersihan material bersama tim gabungan dari Dinas Bencana Alam Kabupaten Simalungun, beserta Muspika Kecamatan saat dikonfirmasi Kamis (23/11/2023), mengimbau warga untuk sementara waktu tidak melintas di area berbahaya tersebut, guna mengantisipasi terjadinya longsoran susulan mengingat kondisi cuaca musim penghujan seperti saat sekarang ini.

“Pasca terjadinya longsoran tim gabungan langsung terjun kelokasi guna membersihkan material longsoran termasuk menerjukan satu unit alat berat dan juga satu unit damkar", sebut Ronald.

Selanjutnya, Ronald menambahkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dan pihak kepolisian dan tim gabungan lainnya terus berupaya mengatasi bencana ini sembari mengawasi situasi untuk mencegah potensi bahaya lebih lanjut kepada masyarakat.

“Kita masih terus melakukan pembersihan lokasi longsoran di dua titik lokasi, dan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan hati hati mengingat kondisi cuaca akhir akhir ini yang tidak menentu dan rawan terjadinya bencana alam,” tutup Ronald. (dsg/nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
01:06
01:48
01:38
06:57
05:22
Viral