Bayi gajah Sumatera lahir dari indukan bernama gajah Amel dan jantan Rendy, yang keduanya ada di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung..
Sumber :
  • Doc KLHK

Kabar Gembira! Seekor Bayi Gajah Sumatera Lahir di Way Kambas Lampung

Kamis, 30 November 2023 - 16:20 WIB

Lampung Timur, tvOnenews.com - Seekor bayi gajah Sumatera betina lahir di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung, Selasa (28/11/2023) kemarin. Bayi gajah Sumatera itu dari indukan bernama gajah Amel dan jantan Rendy, yang keduanya ada di TNWK, Lampung.

Bayi gajah tersebut lahir dengan panjang badan 98 Cm, lingkar dada 100 Cm, tinggi badan 78 Cm, dan dengan berat badan 78 Kg.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK, Satyawan Pudyatmoko mengatakan bayi gajah tersebut saat ini dalam keadaan sehat, begitu juga dengan indukannya. Keduanya, terpantau dalam pengawasan dokter hewan serta mahout.

"Saat ini, induk gajah dan anak sedang dalam pengawasan dan pemeriksaan mahout dan dokter hewan Way Kambas untuk memastikan kesehatannya normal dan stabil," kata Satyawan dalam keterangannya, Kamis (30/11/2023).

Dalam keterangan terpisah, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengatakan kelahiran gajah tersebut patut disyukuri. Untuk diketahui, gajah Sumatera merupakan salah satu jenis satwa liar dilindungi di Indonesia.

Perlindungannya berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi. Selain itu, gajah Sumatera juga merupakan satwa prioritas dan menjadi salah satu satwa yang terancam punah.

"Lagi-lagi hanya syukur yang dapat kami panjatkan ke hadirat Tuhan. Kabar gembira silih berganti hadir ke hadapan kita. Kabar gembira ini harus menjadi penyemangat bagi kita semua bangsa Indonesia untuk terus melakukan upaya konservasi satwa dilindungi yang ada di negeri ini," ucap Menteri Siti. (puj/wna)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral