Petugas saat menggiring kapal ikan asing pascapenangkapan..
Sumber :
  • Tim tvOne/Alboin

Kapal Patroli Baharkam Polri Tangkap Kapal Ikan Asing di Perairan Natuna Utara, ABKnya Bersenjata

Minggu, 3 Desember 2023 - 10:12 WIB

Batam, tvOnenews.com - KP Bisma 8001 Baharkam Polri kembali menangkap satu kapal ikan berbendera Vietnam yang mencuri ikan di laut Natuna Utara. Dari penangkapan kapal ini, selain mendapatkan barang bukti berupa ikan campuran sebanyak satu ton, polisi juga menyita sepucuk senjata api dengan enam butir peluru dari nakhoda kapal.

Menurut Kasubdit Patroli Air Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Kombes Pol Dadan, senjata api ini diamankan dari nakhoda kapal dan digunakan untuk melakukan perlawanan jika tertangkap oleh petugas patroli.

"Pada saat penggeledahaan kita temukanlah pistol ini,” sebut Dadan di Pelabuhan Makobat, Batam, Sabtu (2/12).

Penangkapan kapal ini, lanjut Dadan, bermula dari kecurigaan petugas adanya sebuah kapal yang sedang melakukan aktivitas mencurigakan di perairan Natuna. "Kita buntuti pelan-pelan dari belakang, saat mereka tahu kapal kita mendekat mereka sempat melawan berusaha kabur, tapi kita berhasil menangkapnya,” beber Dadang.

Penangkapan ini juga merupakan perintah langsung dari Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri (PLT Kakor Polairud), Brigjend Pol M Yasin Kosasih, agar rutin berpatroli di wilayah perbatasan untuk menjaga kekayaan laut lndonesia dari penjarahan kapal asing.

“Patroli kapal polisi ini akan dilaksanakan sepanjang tahun, karena jelang akhir tahun ini, makin banyak tindak kejahatan laut di wilayah Indonesia,” ungkap Yassin.

Dari hasil penangkapan ini, polisi menyita barang bukti kapal, satu ton ikan campuran serta 21 anak buah kapal. Untuk proses hukum lebih lanjut seluruh anak buah kapal dilimpahkan ke pangkalan PSDKP Batam. (ahs/wna)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral