Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor..
Sumber :
  • Syaren

Bupati Dosmar Ungkap Penyebab Banjir Bandang di Kabupaten Humbahas

Rabu, 6 Desember 2023 - 11:20 WIB

Humbahas, tvOnenews.com - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor buka bukaan soalnya dugaan penyebab terjadinya bencana alam banjir bandang di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja yang terjadi, pada Jumat (1/12/2023) malam lalu, yang menelan korban jiwa.

"Menurut Camat, Kepala Desa, ada penebangan. Polisi lagi menyelidiki. Sekitar empat hektar lah ada penebangan," kata Dosmar kepada awak media, Senin (4/12/2023).

Bupati juga menyebut ada ditemukan jejak alat berat di akses jalan menuju perbukitan menuju lokasi penebangan. Bahkan di lokasi, kata Dosmar Banjarnahor ada ditemukan gelondongan kayu. "Udah diangkat mereka," tukasnya.

Menurut Dosmar, dugaan penebangan liar di perbukitan di atas lokasi bencana alam bandang tersebut dilakukan oleh masyarakat.

Katanya lagi, hasil penebangan kayu di perbukitan tersebut diserahkan kepada salah satu perusahaan. "Pokoknya kalau tidak salah dikasih (kayu hasil penebangan) ke TPL. Kita tunggu para ahli menyelidikinya," ungkap Bupati Dosmar.

Sebelumnya, Kepala BNPB, Letkol TNI Suharyanto juga menanggapi soal dugaan itu.

“Apakah ini hanya gara gara hujan, atau akibat akibat lain sehingga kalau kita lihat batu batu sebesar ini bisa turun ke bawah. Atau dukungan lingkungan di atas sudah tidak bisa mendukung lagi," ucap Letkol TNI Suharyanto.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:56
11:04
11:40
06:22
01:41
28:24
Viral