Satu unit mobil yang terjebak material tanah longsor di Jalan Lintas Sumatera di Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara..
Sumber :
  • Syaren

Bencana Alam di Taput, Satu Unit Mobil Diterjang Tanah Longsor saat Melintas

Kamis, 21 Desember 2023 - 12:12 WIB

Taput, tvOnenews.com - Satu unit mini bus milik warga diterjang tanah longsor bercampur lumpur di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Pargarutan, Desa Pangaloan, Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Rabu (20/12/2023) sore sekitar pukul 16.30 WIB.

Mobil tersebut awalnya melintas, dan material tanah longsor tiba tiba turun dari perbukitan. Namun kemudian berhasil dievakuasi oleh warga dan aparat kepolisian dengan menariknya menggunakan truk.

Kasat Lantas Polres Taput, AKP Dahnial Saragih, mengatakan, akibat tanah longsor tersebut arus lalulintas dari Kabupaten Taput menuju Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), terputus berjam-jam.

“Ruas jalan yang tertimbun tanah longsor sepanjang 20 meter, tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat, sehingga kendaraan dialihkan sementara," jelasnya.

Menurut AKP Dahnial, material longsor tanah liat bercampur lumpur itu, turun dari perbukitan sehingga proses penanggulangan memakan waktu yang lama.

“Mulai dari terjadinya longsoran tebing gunung, hujan di tempat kejadian turun sangat lebat dan reruntuhan tanah dan air dari atas perbukitan masih turun ke jalan. Walaupun begitu, empat unit alat berat yang sudah tiba di lokasi untuk penanggulangan, namun belum bisa berbuat banyak, karena intensitas hujan yang tinggi dan dikhawatirkan akan terjadi longsoran menyusul dan membahayakan apabila di paksakan bekerja," papar Dahnial.

Namun, meski demikian secara perlahan-lahan alat berat tetap bekerja dengan waspada untuk mempercepat proses penanggulangan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral