Kondisi banjir Aceh Singkil yang merendam pemukiman warga..
Sumber :
  • Tim tvOne/Muhammad Roni

Diguyur Hujan Deras, Banjir Kembali Merendam Aceh Singkil

Sabtu, 23 Desember 2023 - 09:27 WIB

Singkil, tvOnenews.com - Banjir setinggi sekitar satu meter kembali merendam puluhan rumah warga di Kabupaten Aceh Singkil, tepatnya di Desa Cingkam dan Desa Rimo, Kecamatan Gunung Meriah.

Banjir kali ini terjadi karena luapan Sungai Lae Cinendang yang tak mampu menampung volume air pascaguyuran hujan deras di wilayah Pakpak Bharat, Sumatera Utara dan Kota Subulussalam yang merupakan hulu sungai. Akibatnya air keruh berarus deras dengan cepat merendam pemukiman warga di dataran rendah.

Warga pun kini terpaksa mengungsikan peralatan rumah tangga ke lantai dua rumah mereka untuk menghindari kerusakan. Beruntung sebagian besar warga yang tinggal di wilayah ini memiliki rumah berkonstruksi dua lantai.

"Rata-rata rumah di sini ada lotengnya, jadi kami pindah ke lantai dua, termasuk juga peralatan dapur kami pindahkan agar bisa tetap memasak," kata Anto, salah seorang warga.

Tak hanya merendam pemukiman, air keruh berarus deras ini juga merendam badan jalan penghubung kecamatan, sehingga sejumlah pengendara pun sempat terperosok ke dalam lubang-lubang dan merusak mesin kendaraan.

"Lubangnya tidak bisa terlihat karena airnya keruh, kami warga terpaksa libur dulu karena tidak bisa beraktivitas," kata Anto lagi.

Sebelumnya, selama beberapa bulan terakhir banjir kerap melanda Aceh Singkil akibat intensitas hujan yang tinggi. (mro/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral