Ini gulai tempoyak kepala gabus khas Musi Banyuasin..
Sumber :
  • Tim tvOne/Puja Kusuma

Gulai Tempoyak Durian Kepala Gabus Khas Musi Banyuasin Rasanya Lemak Nian

Sabtu, 23 Desember 2023 - 12:08 WIB

Musi Banyuasin, tvOnenews.com - Kuliner khas Kabupaten Musi Banyuasin yang satu ini, rasanya lemak nian, dan bikin ketagihan. Namanya gulai tempoyak kepala ikan gabus, menu spesialis kebanggaan masyarakat Musi Banyuasin, dan merupakan masakan peninggalan Nenek Moyang.

Untuk membuat menu yang berbahan dasar kepala ikan gabus dengan fermentasi buah durian ini, pertama siapkan kepala ikan gabus segar yang sudah dibersihkan. 

Siapkan bumbunya seperti, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih, lengkuas, serai, asam jawa, serta daging durian atau tempoyak.

Haluskan bumbunya dengan menggunakan ulekan cabe, kemudian masukkan dalam kuali, lalu oseng hingga setengah matang.

Kemudian masukan kepala ikan gabus dan beri air secukupnya, lalu tambahkan garam, serta penyedap dan masukan daging buah durian yang difermentasi, atau tempoyak, kemudian tunggu hingga matang, dan siap disajikan untuk lauk makan bersama keluarga.

"Waduh kalau yang namanya gulai tempoyak kepala ikan gabus, wih, ini rasanya gak ada bandingannya. Rasa kuahnya sampai kepala ikannya beraroma durian, pokoknya nikmatnya luar biasa. Keluarga saya paling suka gulai tempoyak ini," pungkas Dewe Susianti warga Sekayu.

Jika anda pecinta kuliner khas Kota Serasan Sekate ini, coba untuk membuatnya, atau jika anda berwisata ke Musi Banyuasin, anda bisa mencoba menu menantang ini, rasanya pedas nikmat dan lemak nian. (pka/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
00:40
09:45
02:10
08:30
01:38
Viral